6 Soal Tentang Penilaian + Kunci Jawaban
Latihan Soal PG Bab Penilaian

1. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
a. Nilai batas ambang kompetensi
b. Nilai minimal yang dicapai peserta didik
c. Nilai maksimal yang dicapai peserta didik
d. Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah
Jawaban:
a. Nilai batas ambang kompetensi
b. Nilai minimal yang dicapai peserta didik
c. Nilai maksimal yang dicapai peserta didik
d. Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah
Jawaban:
b. Nilai minimal yang dicapai peserta didik
2. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
a. Proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
b. Tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
c. Sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
d. Strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
Jawaban:
c. Sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
3. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
a. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
b. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
c. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
d. Merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
Jawaban:
c. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
4. Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut....
a. Menentukan kriteria keberhasilan belajar
b. Mengklasifikasi siswaberdasarkan hasil capaian belajarnya
c. Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
d. Merencanakan pengajaran remidi
Jawaban:
c. Mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
5. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
a. Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
b. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
c. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
d. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
Jawaban:
c. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
6. Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....
a. Konstruktivisme
b. Authentic assesment
c. Efektif
d. Kondusif
Jawaban:
b. Authentic assesment