10 Soal Materi Pengembangan Kurikulum + Kunci Jawaban
Latihan Soal (Essay) Bab Pengembangan Kurikulum

1. Mengapa psikologis siswa memegang peranan penting dalam pengembangan kurikulum?
Jawaban:
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia,sedangkan kurikulum adalah upaya menentukan program pendidikan untuk mengubah perilaku manusia. Oleh sebab itu, pengembangan kurikulum harus dilandasi oleh psikologi sebagai acuan dalam menentukan apa dan bagaimana perilaku itu harus dikembangkan.
2. Bagaimana peranan guru dalam pengembangan kurikulum yang bersifat sentralisasi?
Jawaban:
Peranan guru dalam pengembangan kurikulum yang bersifat sentralisasi. Disini guru tidak mempunyai peranan dalam perancangan, dan evaluasi yang bersifat makro, mereka berperan dalam kurikulum mikro. Kurikulum makro disusun oleh tim khusus, guru menyusun kurikulum dalam jangka waktu 1 tahun, atau 1 semester.
3. Bagaimanakah peran kepala sekolah dalam pengembangan kurikulum merdeka?
Jawaban:
Dalam implementasi kurikulum merdeka belajar, kepala sekolah memiliki peran untuk menggerakkan proses pembelajaran yang berpusat pada murid dan memberikan kemerdekaan bekerja pada pendidik dan tenaga kependidikannya.
4. Apa tugas guru dalam pengembangan atau penyusunan kurikulum formal dan kurikulum instruksional?
Jawaban:
Tugas guru adalah menyusun dan merumuskan tujuan yang tepat memilih dan menyusun bahan pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan, minat dan tahap perkembangan anak, memilih metode dan media mengajar yang bervariasi serta menyusun metode dan alat yang tepat.
5. Bagaimana cara pihak sekolah mengajak masyarakat turut berpartisipasi dalam pengembangan pendidikan?
Jawaban:
Upaya yang dilakukan sekolah dalam menggalang partisipasi masyarakat yaitu dengan membangun citra sekolah, melalui penggunaan tokoh, kegiatan silaturrahmi, melalui himbauan atau ajakan, Bentuk-bentuk partisipasi masyarakat terhadap sekolah berupa partisipasi berbentuk finansial/material bagi masyarakat atau orang tua
6. Dan apa saja prinsip yang perlu diterapkan dalam pengembangan kurikulum?
Jawaban:
Adapun prinsip- prinsip dalam pengembangan kurikulum terbagi atas dua hal: Prinsip Umum, yang meliputi; prinsip relevansi, prinsip fleksibilitas, prinsip kontinuitas, prinsip praktis, dan prinsip efektivitas, 2. Prinsip Khusus, yang meliputi; prinsip penentuan tujuan pendidikan, prinsip pemilihan isi pendidikan
7. Mengapa dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum harus berlandaskan asas filosofis?
Jawaban:
Adapun manfaat penggunaan filsafat pendidikan dalam mengembangkan kurikulum antara lain:
1) Memberikan arah yang jelas terhadap tujuan peneidikan,
2) dapat memberikan gambaran yang jelas hasil yang ingin dicapai,
3) memberikan arah terhadap proses yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan
8. Apa saja yang langkah langkah evaluasi yang harus ditempuh dalam perubahan dan pengembangan kurikulum?
Jawaban:
Ada tahapan-tahapan dalam melaksanakan evaluasi, yaitu: merancang, melakukan persiapan, mengumpulkan informasi, menganalisis, membuat konklusi, membuat rekomendasi, dan memanfaatkan hasil evaluasi. Selanjutnya, agar evalusi lancar dan memperoleh hasil akurat maka perlu mentaati pedoman atau prinsip-prinsip evaluator.
9. Mengapa calon guru harus mempelajari pengembangan kurikulum?
Jawaban:
Pemahaman pada kurikulum akan memudah guru membuat rencana, menyusun indikator pencapain kompetensi, melaksanakan langkah-langkah pembelajaran secara sistematis, dan mampu menerapkan berbagai metode pembelajaran yang menyenangkan.
10. Apa peranan teori kurikulum dalam pengembangan kurikulum itu sendiri?
Jawaban:
Teori kurikulum merupakan suatu alat yang digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan kurikulum, agar kurikulum yang dikembangkan dapat berjalan sesuai dengan kultur, tingkat pendidikan dalam suatu tempat.