Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Soal Materi Pengajaran Apresiasi Sastra + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Pengajaran Apresiasi Sastra


1. Tuliskan pengertian apresiasi sastra !

Jawaban:
Kegiatan menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh sehingga timbul pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis, dan kepekaan perasaan yang baik terhadap cipta sastra.


2. Jelskan tentang pembelajaran apresiasi sastra!

Jawaban:
Pendidikan sastra melalui proses pembelajarannya merupakan pendidikan yang mencoba untuk mengembangkan kompetensi apresiasi sastra, kritik sastra dan proses kreatif sastra. Kompetensi apresiasi adalah kemampuan menikmati dan menghargai karya sastra. Dalam hal ini siswa diajak untuk lansung membaca, memahami, menganalisis, dan menikmati karya sastra secara langsung. Siswa tidak harus menghafal mulai dari nama-nama judul karya sastra atau sinopsisnya, tetapi langsung berhadapan dengan karya sastranya


3. Klasifikasi kegiatan apresiasi sastra berdasarkan tujuan meliputi ?

Jawaban:
(a) Ketepatan apresiasi, yaitu menimbulkan kepekaan psikis, mendengarkan, membaca sendiri, membaca bersama, intpretasi auditif-musikal dan visual, memantaskan, mengundang pelaku seni, memahami serta melatih ketrampilan mempergunakan pengertian teknis.
(b) Kedalaman apresiasi, yaitu dalam hal ini guru berupaya agar siswa mengalami proses kegiatan intelektual, emosional, dan imajinatif yang seimbang dengan proses yang pernah dialami oleh pengarang (sastrawan) dalam menciptakan karyanya.
(c) Keluasan apresiasi; guru mendorong dan mengarahkan perhatian pada hubungan antara sastra dengan kehidupan dengan segala masalahnya.


4. Menurut Rahmanto, pemilihan bahan pengajaran sastra harus memperhatikan aspek-aspek antara lain?

Jawaban:
a. Bahasa, aspek kebahasaan dalam sastra yang perlu diperhatikan adalah cara penulisan yang dipakai pengarang, ciri-ciri karya sastra waktu penulisannya dan kelompok pembaca yang ingin dijangkau pengarang. Oleh karena itu, guru harus mengembangkan keterampilan untuk memilih bahan pengajaran sastra yang bahasanya disesuaikan dengan tingkat penguasaan bahasa siswa.
b. Kematangan jiwa (psikologi) yaitu dalam memilih bahan pengajaran sastra, tahap-tahap perkembangan psikologis harus diperhatikan karena tahap-tahap ini sangat berpengaruh terhadap minat dan keengganan siswa dalam pembelajaran sastra (1989: 27-33).


5 Ada beberapa prinsip dalam pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra. Prinsip-prinsip tersebut adalah?

Jawaban:
(1) pembelajaran sastra berfungsi untuk meningkatkan kepekaan rasa pada budaya bangsa,
(2) pembelajaran sastra memberikan kepuasan batin dan pengayaan daya estetis melalui bahasa,
(3) pembelajaran apresiasi sastra bukan pelajaran sejarah, aliran, dan teori sastra, dan
(4) pembelajaran apresiasi sastra adalah pembelajaran untuk memahami nilai kemanusiaan di dalam karya yang dapat dikaitkan dengan nilai kemanusiaan di dalam dunia nyata.