Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal Tentang Pengajaran Apresiasi Sastra + Kunci Jawaban

Soal Pilgan Pengajaran Apresiasi Sastra

1. Kegiatan mengakrabi karya sastra secara sungguh-sungguh sehingga terjadi proses pengenalan, pemahaman, penghayatan, penikmatan, dan penerapan adalah pengertian dari
A. sastra
B. karya sastra
C. apresiasi sastra
D. kegiatan kreatif

Jawaban:
C. apresiasi sastra


2. Ekspresi sastra adalah karya sastra yang dihasilkan melalui imajinasi seseorang, sedangkan apresiasi sastra adalah .
A. Membaca karya sastra sampai dapat menyimpulkan kandungan isi karya sastra
B. Menulis karya sastra untuk dibaca seseorang
C. Menganalisis sastra agar dapat memahami isinya
D. kegiatan menggauli karya sastra(hasil ekspresi sastra) secara sungguh-sungguh sehingga terjadi proses pengenalan, pemahaman, penghayatan, penikmatan, dan penerapan

Jawaban:
D. kegiatan menggauli karya sastra(hasil ekspresi sastra) secara sungguh-sungguh sehingga terjadi proses pengenalan, pemahaman, penghayatan, penikmatan, dan penerapan


3. Tujuan pembelajaran apresiasi sastra adalah agar siswa dapat ....
A. menghasilkan karya sastra bermutu
B. menulis karya sastra sehingga memperluas pengetahuan penulis dan membantu pengetahuan pembaca
C. menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa
D. menjadi sastrawan yang dapat menghasilkan berbagai jenis karya sastra

Jawaban:
C. menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa


4. Melalui pembelajaran apresiasi sastra siswa akan memiliki kemampuan lengkap baik pengetahuan maupun kekayaan batin karena fungsi pem belajaran apresiasi sastra adalah sebagai berikut kecuali... .
A. menjadi penelaah karya sastra
B. melatih keempat kemampuan berbahasa
C. meningkatkan wawasan kehidupan
D. membantu pembentukan watak

Jawaban:
A. menjadi penelaah karya sastra


5. Kegiatan yang memperlihatkan keterkaitan antara pembelajaran sastra dengan menyimak adalah...
A. Guru memperdengarkan naskah pidato
B. Guru meminta siswa membaca puisi di muka kelas
C. Guru memperdengarkan casset pembacaan cerpen kepada siswa
D. Siswa menuliskan hasil diskusi mengenai tema cerita

Jawaban:
C. Guru memperdengarkan casset pembacaan cerpen kepada siswa


6. Dinda biasa mendengarkan puisi-puisi karya pemirsa lain di radio kesayangannya. Kebiasaan Dinda tersebut mencerminkan adanya kaitan erat antara pembelajaran sastra dengan keterampilan...
A. menyimak
B. membaca
C. menulis
D. berbicara

Jawaban:
A. menyimak


7. Dalam suatu pembelajaran sastra guru berujar:Anak-anak, bacalah teks drama yang ada pada kalian selama 20 menit, setelah itu jawablah pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan. Pembelajaran tersebut menunjukkan keterkaitan pembelajaran sastra dengan keterampilan ... .
A. menulis
B. menyimak
C. membaca
D. berbicara

Jawaban:
C. membaca


8. Kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menyimak adalah .
A. siswa sering diminta bercerita
B. siswa sering diminta menuliskan apa yang dibacanya
C. siswa sering diminta mencatat hal-hal yang didengarnya
D. siswa seing diminta menceritakan hal-hal yang dilihatnya

Jawaban:
C. siswa sering diminta mencatat hal-hal yang didengarnya


9. Bu Arini selalu memulai pembelajaran bahasa Indonesia dengan cara memperdengarkan atau menyuruh siswa membaca karya sastra sebagai bahan pengait dengan pembelajaran yang akan disajikan. Cara tersebut menunjukkan upaya guru dalam .
A. meningkatkan keterampilan berbahasa melalui pembelajaran sastra
B. mendorong siswa mengetahui isi sastra
C. memperkenalkan siswa pada karya sastra
D. mengajak siswa mengerti tentang sastra

Jawaban:
C. memperkenalkan siswa pada karya sastra


10. Sebagai penjaga surau , kakek tidak mendapatkan apa-apa. Ia hidup dari sedekah yang dipungutnya sekali sejumat. Sekali enam bulan ia mendapat seperempat dari hasil pemunggahan ikan mas dari kolam itu. Dan sekali setahun orang-orang memanggilnya mengantarkan fitrah Id kepadanya . Tapi sebagai garin ia tak begitu terkenal. Nilai budaya yang dapat ditangkap dari cuplikan prosa di atas adalah .
A. banyaknya pemberian orang kampung terhadap Garin
B. bagaimana budaya setempat dalam memperlakukan Garin
C. Garin di desa tersebut banyak mendapatkan penghasilan
D. di mana-mana Garin selalu bernasib sama

Jawaban:
B. bagaimana budaya setempat dalam memperlakukan Garin


11. Salah satu judul karya sastra berikut berhubungan dengan sejarah .
A. Tuhanku
B. Salju
C. Melati Dari Jaya Giri
D. Karangan Bunga

Jawaban:
B. Salju


12. Novel berjudul Laskar Pelangi karya Andrea Herata sangat menginspirasi pembaca karena ....
A. menonjolkan kehidupan rakyat kecil yang berada di sekitar perusahaan besar
B. berisikan kisah kaum miskin di Pulau Belitong
C. mengisahkan seorang guru yang berhasil membentuk pribadi-pribadi haus ilmu sampai dinamai Laskar Pelangi
D. mengisahkan sekelompok kaum mayoritas yang tertindas oleh kaum minoritas

Jawaban:
C. mengisahkan seorang guru yang berhasil membentuk pribadi-pribadi haus ilmu sampai dinamai Laskar Pelangi


13. Setelah sebelumnya siswa diberi tugas membaca, pada pertemuan berikutnya guru memberikan pertanyaan yang salah satunya berbunyi Jika kamu sebagai Andrea Herata bagaimana cara kamu menghadirkan tokoh lintang dalam menghadapi kehidupannya? Kegiatan guru tersebut menerapkan teori Gordon tahap ...
A. masukan informasi
B. analogi langsung
C. analogi personal
D. konflik kempaan

Jawaban:
C. analogi personal


14. Guru menceritakan sedikit perjuangan Bu Halimah dan siswa-siswanya pada awal berdiri SD Muhamaddiyah, kemudian melalui diskusi siswa diminta menjawab pertanyaan berturut-turut Bagaimana jika kamu menjadi Andrea Herata menceritakan cerita tersebut? Bagaimana jika kamu yang menjadi tokoh Ikal ketika mendapatkan hukuman membeli kapur ke pulau lain?Setujukah kamu dengan cara yang Andrea Herata mengatasi masalah Lintang memutuskan berhenti sekolah?
Cerita tersebut menunjukkan contoh....
A. langkah 1 pada Langkah Dasar Gordon 1
B. langkah 1 dan 2 pada Langkah Dasar Gordon 1
C. Langkah Dasar Gordon kedua
D. langkah 1 dan 2 pada Langkah Dasar Gordon 2

Jawaban:
B. langkah 1 dan 2 pada Langkah Dasar Gordon 1


15. Prinsip ganda karya sastra adalah bahwa karya sastra sebagai...
A. karya dan sebagai bahan yang harus diajarkan
B. karya indah dan bermutu
C. pengalaman dan sastra sebagai bahasa
D. bagian dari karya masyarakat dan perlu dikembangkan

Jawaban:
C. pengalaman dan sastra sebagai bahasa


16. Guru memperdengarkan kaset berisi pembacaan puisi berjudul Tuhanku karya Chairil Anwar. Siswa diminta membacanya secara rampak(bergantian berlainan baris). Siswa diminta menjelaskan maksud beberapa kata yang terdapat pada puisi secara berkelompok, dan menemukan kesan umum, kesan khusus, dan kesan umum setelah menyeleksi dari beberapa kesan khusus dari tiap kelompok. Kegiatan guru tersebut menerapkan teori Moody, .
A. pelacakan pendahuluan dan penentuan sikap praktis
B. introduksi dan penyajian
C. dari tahap pertama sampai tahap keenam
D. tahap penyajian, dan diskusi

Jawaban:
D. tahap penyajian, dan diskusi