Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Soal Tentang Karakteristik Peserta Didik + Kunci Jawaban

Soal Pilgan Karakteristik Peserta Didik


1. Siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya.
Ilustrasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
a. Kemampuan kognitif
b. Kemampuan interaksional
c. Kemampuan integrasi diri
d. Kemampuan komunikatif

Jawaban:
a. Kemampuan kognitif


2. Seorang anak yang tidak mampu membangun kerja sama dalam kelompok. Dia cenderung menguasai forum dan tidak memberi kesempatan kepada teman-temannya. Jika teman lain berhasil mengendalikan diskusi, dia lebih memilih bekerja mandiri.
Anak seperti itu bermasalah dalam hal perkembangan ....
a. Kognitif interaksional
b. Sosial emosional
c. Moral spiritual
d. Sosial kognitif

Jawaban:
b. Sosial emosional


3. Seorang anak yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, lalu membuat keputusan menurut suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...
a. Penalaran prakonvensional
b. Penalaran interkonvensional
c. Penalaran pascakonvensional
d. Penalaran konvensional

Jawaban:
c. Penalaran pascakonvensional


4. Salah satu faktor internal yang memengaruhi potensi intelektual peserta didik adalah motivasi intrinsik. Hal-hal yang termasuk faktor motivasi intrinsik adalah ....
a. Budaya dan kebiasaan
b. Harmonisasi keluarga
c. Daya tarik integrase
d. Sifat positif dan kreatif

Jawaban:
d. Sifat positif dan kreatif


5. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.
Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....
a. Intelegensi dan kognitif
b. Budaya dan pembiasaan
c. Keluarga dan lingkungan masyarakat
d. Emosional dan kepribadian

Jawaban:
c. Keluarga dan lingkungan masyarakat


6. Seorang guru berusaha untuk memberikan pembelajaran yang variatif kepada peserta didiknya. Dia ingin seluruh peserta didik berkembang sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didiknya.
Kegiatan yang harus dilakukan guru agar terpenuhi harapannya tersebut adalah ...
a. Mendata bekal awal yang dimiliki oleh masing-masing peserta didiknya
b. Mempersiapkan rancangan pembelajaran sesuai dengan keinginan guru.
c. Membuat media pembelajaran yang mendukung pembelajarannya.
d. Mengumpulkan berbagai sumber belajar sesuai keinginan guru.

Jawaban:
a. Mendata bekal awal yang dimiliki oleh masing-masing peserta didiknya


7. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
a. Mengaktualisasikan diri
b. Penciptaan hubungan yang baik
c. Mengemukakan gagasan
d. Memformulasikan tindakan

Jawaban:
b. Penciptaan hubungan yang baik