Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal Materi Ekologi Laut + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Ekologi Laut

1. Bagaimana rantai makanan yang terjadi dalam ekosistem laut?

Jawaban:
Berikut ini rantai makanan di ekosistem laut dalam: Bangkai ikan - Kepiting - Cumi-cumi - Ikan karnivora Anglerfish - Organisme dekomposer (cacing laut dalam). Plankton - Ikan kecil - Cumi-cumi - Organisme dekomposer (bakteri laut dalam).


2. Apa saja ciri ciri ekosistem terumbu karang?

Jawaban:
Ciri – ciri terumbu karang adalah sekumpulan organisme dengan dominansi karang yang bersimbiosis membentuk ekosistem di kedalaman laut terkena sinar matahari. Ekosistem terumbu karang adalah contoh ekosistem alami yang sangat sensitif hingga hanya dapat bertahan di laut – laut yang memenuhi syarat.


3. Bagaimana hubungan ekologis antara ekosistem mangrove lamun terumbu karang?

Jawaban:
Keterkaitan ekosistem antara mangrove, lamun dan terumbu karang menciptakan suatu variasi habitat yang mempertinggi keanekaragaman jenis organisme.


4. Aktivitas manusia apa saja yang dapat mempengaruhi lingkungan pesisir dan laut?

Jawaban:
Secara singkat bahwa sumber utama pencemaran pesisir terdiri dari tiga jenis kegiatan, yaitu kegiatan industri (pertambangan timah dan minyak, angkutan laut dan pariwisata bahari), kegiatan rumah tangga, dan kegiatan pertanian.


5. Mengapa ekosistem padang lamun dan mangrove sangat penting di wilayah pesisir?

Jawaban:
“Ekosistem mangrove dan padang lamun juga berfungsi sebagai pelindung pantai dari abrasi dan erosi, melindungi permukiman yang ada di belakangnya dari badai yang datang dari arah laut, dan tempat tumbuhnya ikan-ikan karang


6. Apa saja ancaman terbesar bagi ekosistem laut?

Jawaban:
Pada akhirnya, ancaman terbesar ekosistem laut kita bukan hanya dari overfishing atau krisis iklim, Great Pacific Garbage Patch atau debit air laut meningkat, hilangnya habitat atau industri perikanan ilegal.


7. Dari mana saja sumber pencemaran laut?

Jawaban:
Terdapat beberapa Jenis Pencemaran Laut diantaranya:
1. Tumpahan Minyak (Oil Spil)
2. Sampah Laut (Marine Debris)
3. Dumping.
4. Pencemaran Limbah Industri.
5. Kecelakaan Kapal Bermuatan Tambang non Minyak di Laut.


8. Mengapa ekosistem laut sangat penting?

Jawaban:
Ekosistem laut mempunyaai peranan yang sangat penting dalam menyerap polutan karena biota-biota yang ada di laut mampu menyerap karbon dengan jumlah yang sangat besar sehingga bisa mengurangi polusi.


9. Apa dampak dari perubahan iklim terhadap ekosistem laut?

Jawaban:
Perubahan iklim juga menyebabkan pergeseran rentang geografis serta pola migrasi spesies daratan dan laut. Beberapa spesies akan menghadapi kepunahan. Pemanasan dan pengasaman laut menimbulkan risiko besar terhadap ekosistem laut, terutama ekosistem di wilayah kutub dan ekosistem terumbu karang.


10. Bagaimana pengaruh air laut terhadap kehidupan manusia?

Jawaban:
Lautan memiliki peran dalam mengatur curah hujan dan kekeringan, menampung 97 persen air di planet, dan menyerap CO2, serta membantu menjaga siklus karbon agar tetap seimbang. Laut telah memberikan makanan hingga pekerjaan bagi miliaran orang di dunia.


11. Jelaskan organisme apa yang berperan sebagai produsen di laut?

Jawaban:
Dalam rantai makanan laut, ada produsen khusus yang berbeda dengan rantai makanan darat. Produsen tersebut adalah tanaman mikroskopis kecil yang disebut fitoplankton. Biasanya zooplankton (binatang kecil dalam air) akan memakan fitoplankton lalu binatang lain yang lebih besar akan memakan zooplankton.


12. Bagaimana plastik dapat mengancam ekosistem laut?

Jawaban:
Konferensi menyebut limbah plastik di lautan telah membunuh 1 juta burung laut, 100 ribu mamalia laut, kura-kura laut, dan ikan-ikan dalam jumlah besar, tiap tahun. Fakta sampah plastik di laut berikutnya adalah, partikel-partikel sampah plastik (mikro plastik) tidak hanya memberikan dampak buruk bagi biota laut saja.