Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal Tentang Rekayasa Perangkat Lunak + Kunci Jawaban

Latihan Soal PG Bab Rekayasa Perangkat Lunak

1. Manakah dari berikut ini bukan langkah-langkah dalam siklus hidup pengembangan perangkat lunak Waterfall?
A. Analisis kebutuhan
B. Desain sistem
C. Implementasi perangkat keras
D. Evaluasi pengguna

Jawaban: 
C. Implementasi perangkat keras


2. Apa yang dimaksud dengan "metode Lean" dalam rekayasa perangkat lunak?
A. Metode yang menekankan pengiriman perangkat lunak yang lengkap sekaligus.
B. Metode yang menghilangkan pemborosan dan fokus pada nilai bagi pelanggan.
C. Metode untuk merancang tampilan antarmuka pengguna.
D. Metode untuk memperbaiki kesalahan dalam kode.

Jawaban: 
B. Metode yang menghilangkan pemborosan dan fokus pada nilai bagi pelanggan.


3. Manakah dari berikut ini bukan tujuan dari pengendalian versi dalam pengembangan perangkat lunak?
A. Mempertahankan riwayat perubahan kode sumber.
B. Meningkatkan kolaborasi dalam pengembangan perangkat lunak.
C. Memfasilitasi penjadwalan dan pengiriman perangkat lunak.
D. Memastikan perangkat lunak berjalan dengan cepat.

Jawaban: 
D. Memastikan perangkat lunak berjalan dengan cepat.


4. Apa yang dimaksud dengan "peer code review" dalam pengembangan perangkat lunak?
A. Proses menguji perangkat lunak sebelum peluncuran.
B. Proses mengelola kode sumber menggunakan repository.
C. Proses merancang tampilan antarmuka pengguna.
D. Proses melibatkan rekan tim untuk meninjau dan memeriksa kode sumber.

Jawaban: 
D. Proses melibatkan rekan tim untuk meninjau dan memeriksa kode sumber.


5. Manakah dari berikut ini bukan metode pengembangan perangkat lunak Agile?
A. Scrum
B. Kanban
C. Waterfall
D. Extreme Programming (XP)

Jawaban: 
C. Waterfall


6. Apa yang dimaksud dengan "pengujian alpha" dalam pengembangan perangkat lunak?
A. Pengujian yang dilakukan oleh pengguna akhir untuk menguji fungsionalitas perangkat lunak.
B. Pengujian yang bertujuan untuk memastikan perangkat lunak berjalan dengan cepat.
C. Pengujian yang fokus pada pengujian unit kode sumber perangkat lunak.
D. Pengujian yang dilakukan sebelum perangkat lunak selesai dikembangkan.

Jawaban: 
D. Pengujian yang dilakukan sebelum perangkat lunak selesai dikembangkan.


7. Manakah dari berikut ini bukan tahap dalam model pengembangan perangkat lunak Spiral?
A. Perencanaan
B. Analisis risiko
C. Implementasi
D. Evaluasi pengguna

Jawaban: 
C. Implementasi


8. Apa yang dimaksud dengan "continuous deployment" dalam pengembangan perangkat lunak?
A. Proses menguji perangkat lunak sebelum peluncuran.
B. Proses menggabungkan kode sumber dari anggota tim secara berkala.
C. Proses merancang tampilan antarmuka pengguna.
D. Proses secara otomatis menerapkan perubahan kode ke produksi setelah lulus pengujian.

Jawaban: 
D. Proses secara otomatis menerapkan perubahan kode ke produksi setelah lulus pengujian.


9. Apa yang dimaksud dengan "pengujian beta" dalam pengembangan perangkat lunak?
A. Pengujian yang dilakukan oleh pengguna akhir untuk menguji fungsionalitas perangkat lunak.
B. Pengujian yang bertujuan untuk memastikan perangkat lunak berjalan dengan cepat.
C. Pengujian yang fokus pada pengujian unit kode sumber perangkat lunak.
D. Pengujian yang dilakukan setelah perangkat lunak dirilis kepada sejumlah pengguna.

Jawaban: 
D. Pengujian yang dilakukan setelah perangkat lunak dirilis kepada sejumlah pengguna.


10. Manakah dari berikut ini bukan tujuan dari analisis kebutuhan dalam rekayasa perangkat lunak?
A. Mengidentifikasi kebutuhan pengguna
B. Menyusun rencana pengembangan perangkat lunak
C. Memahami batasan dan kendala proyek
D. Menentukan tujuan dan ruang lingkup proyek

Jawaban: 
B. Menyusun rencana pengembangan perangkat lunak


11. Apa yang dimaksud dengan "metode kanban" dalam pengembangan perangkat lunak?
A. Metode yang menekankan pengiriman perangkat lunak yang lengkap sekaligus.
B. Metode yang mengatur alur kerja pengembangan menggunakan papan kanban.
C. Metode untuk merancang tampilan antarmuka pengguna.
D. Metode untuk memperbaiki kesalahan dalam kode.

Jawaban: 
B. Metode yang mengatur alur kerja pengembangan menggunakan papan kanban.


12. Manakah dari berikut ini bukan teknik dalam pengujian perangkat lunak?
A. Black box testing
B. White box testing
C. Grey box testing
D. Code box testing

Jawaban: 
D. Code box testing


13. Apa yang dimaksud dengan "metode waterfall" dalam pengembangan perangkat lunak?
A. Metode yang menekankan pengiriman perangkat lunak yang lengkap sekaligus.
B. Metode yang mengatur alur kerja pengembangan menggunakan papan air terjun.
C. Metode untuk merancang tampilan antarmuka pengguna.
D. Metode untuk memperbaiki kesalahan dalam kode.

Jawaban: 
B. Metode yang mengatur alur kerja pengembangan menggunakan papan air terjun.


14. Manakah dari berikut ini bukan prinsip dasar pengembangan perangkat lunak Agile?
A. Kolaborasi dengan pelanggan
B. Pengiriman perangkat lunak yang lengkap sekaligus
C. Menyambut perubahan kebutuhan
D. Memprioritaskan kepuasan pengguna

Jawaban: 
B. Pengiriman perangkat lunak yang lengkap sekaligus


15. Apa yang dimaksud dengan "spesifikasi persyaratan" dalam rekayasa perangkat lunak?
A. Dokumen yang berisi deskripsi kebutuhan dan fitur perangkat lunak.
B. Daftar pengguna yang terlibat dalam pengembangan perangkat lunak.
C. Proses merancang tampilan antarmuka pengguna.
D. Proses mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan dalam kode.

Jawaban: 
A. Dokumen yang berisi deskripsi kebutuhan dan fitur perangkat lunak.


16. Manakah dari berikut ini bukan alat manajemen proyek perangkat lunak?
A. Git
B. Jira
C. Photoshop
D. Trello

Jawaban: 
C. Photoshop