16 Soal Tentang Linguistik Bandingan + Kunci Jawaban
Soal Pilgan Linguistik Bandingan
1. Salah satu tujuan linguistik bandingan historis adalah .
A. menemukan adanya kontak-kontak bahasa di dalam suatu wilayah
B. mengklasifikasi bahasa-bahasa berdasarkan kesamaan tipe
C. mengetahui istilah-istilah yang berkaitan dengan unsur-unsur bahasa
D. menemukan keserumpunan dan kekerabatan bahasa
A. menemukan adanya kontak-kontak bahasa di dalam suatu wilayah
B. mengklasifikasi bahasa-bahasa berdasarkan kesamaan tipe
C. mengetahui istilah-istilah yang berkaitan dengan unsur-unsur bahasa
D. menemukan keserumpunan dan kekerabatan bahasa
Jawaban:
D. menemukan keserumpunan dan kekerabatan bahasa
D. menemukan keserumpunan dan kekerabatan bahasa
2. Pengkajian bahasa dalam linguistik bandingan historis bersifat diakronis. Makna diakronis disini menjelaskan bahwa kajian bahasa berorientasi dan berfokus pada .
A. dimensi satu kurun waktu yang sama
B. dimensi dua kurun waktu yang berbeda
C. satu bahasa dalam suatu masyarakat tertentu
D. dua bahasa yang berbeda dalam suatu masyarakat
A. dimensi satu kurun waktu yang sama
B. dimensi dua kurun waktu yang berbeda
C. satu bahasa dalam suatu masyarakat tertentu
D. dua bahasa yang berbeda dalam suatu masyarakat
Jawaban:
B. mengklasifikasi bahasa-bahasa berdasarkan kesamaan tipe
B. mengklasifikasi bahasa-bahasa berdasarkan kesamaan tipe
3. Objek yang dikaji oleh linguistik bandingan adalah .
A. seluruh jenis bahasa yang ada di dunia
B. bahan bahasa-bahasa dunia
C. bahasa alamiah manusia
D. bahasa yang mengalami pergeseran
A. seluruh jenis bahasa yang ada di dunia
B. bahan bahasa-bahasa dunia
C. bahasa alamiah manusia
D. bahasa yang mengalami pergeseran
Jawaban:
C. bahasa alamiah manusia
C. bahasa alamiah manusia
4. Berikut ini adalah masalah-masalah yang dibahas di dalam tema kontak bahasa, kecuali .
A. konsep-konsep bahasa induk dan bahasa asal
B. gejala-gejala yang muncul dalam kontak bahasa
C. sebab-sebab kontak bahasa di dalam suatu wilayah
D. teori-teori kontak bahasa
A. konsep-konsep bahasa induk dan bahasa asal
B. gejala-gejala yang muncul dalam kontak bahasa
C. sebab-sebab kontak bahasa di dalam suatu wilayah
D. teori-teori kontak bahasa
Jawaban:
A. konsep-konsep bahasa induk dan bahasa asal
A. konsep-konsep bahasa induk dan bahasa asal
5. Logaritma memberi sumbangan kepada linguistik bandingan untuk .
A. mengajarkan seluk beluk kosakata
B. mengelompokkan atau menentukan kerabat bahasa
C. mengetahui sistem atau struktur bahasa
D. menentukan tipe morfologi suatu bahasa
A. mengajarkan seluk beluk kosakata
B. mengelompokkan atau menentukan kerabat bahasa
C. mengetahui sistem atau struktur bahasa
D. menentukan tipe morfologi suatu bahasa
Jawaban:
B. mengelompokkan atau menentukan kerabat bahasa
B. mengelompokkan atau menentukan kerabat bahasa
6. Objek kajian linguistik bandingan historis adalah .
A. kesamaan-kesamaan yang terdapat dalam beberapa bahasa
B. segala perbedaan yang terdapat di dalam suatu bahasa
C. tipe-tipe yang terdapat dalam satuan-satuan bahasa
D. kesamaan dan keberbedaan dalam sebuah bahasa di satu wilayah
A. kesamaan-kesamaan yang terdapat dalam beberapa bahasa
B. segala perbedaan yang terdapat di dalam suatu bahasa
C. tipe-tipe yang terdapat dalam satuan-satuan bahasa
D. kesamaan dan keberbedaan dalam sebuah bahasa di satu wilayah
Jawaban:
A. kesamaan-kesamaan yang terdapat dalam beberapa bahasa
A. kesamaan-kesamaan yang terdapat dalam beberapa bahasa
7. Prinsip dasar linguistik bandingan historis adalah .
A. rekonstruksi dan pengelompokkan bahasa
B. sistem bunyi dan susunan bunyi
C. pembandingan dan kesejarahan
D. kesamaan bentuk dan makna
A. rekonstruksi dan pengelompokkan bahasa
B. sistem bunyi dan susunan bunyi
C. pembandingan dan kesejarahan
D. kesamaan bentuk dan makna
Jawaban:
C. pembandingan dan kesejarahan
C. pembandingan dan kesejarahan
8. Hipotesis keteraturan dalam linguistik bandingan historis berpendapat bahwa .
A. pada hakikatnya bahasa-bahasa itu saling berhubungan satu dengan yang lain
B. bahasa-bahasa mengalami perubahan suara secara teratur
C. tiap bahasa memiliki bentuk-bentuk tertentu yang berkaitan dengan maknanya
D. tiap bahasa memiliki kelas-kelas kata tertentu
A. pada hakikatnya bahasa-bahasa itu saling berhubungan satu dengan yang lain
B. bahasa-bahasa mengalami perubahan suara secara teratur
C. tiap bahasa memiliki bentuk-bentuk tertentu yang berkaitan dengan maknanya
D. tiap bahasa memiliki kelas-kelas kata tertentu
Jawaban:
B. bahasa-bahasa mengalami perubahan suara secara teratur
B. bahasa-bahasa mengalami perubahan suara secara teratur
9. Usaha menentukan wilayah negeri asal sebuah bahasa menjadi salah satu lingkup linguistik bandingan historis yaitu tentang .
A. satuan-satuan bahasa
B. rekonstruksi bahasa
C. pengelompokkan bahasa
D. migrasi bahasa
A. satuan-satuan bahasa
B. rekonstruksi bahasa
C. pengelompokkan bahasa
D. migrasi bahasa
Jawaban:
D. migrasi bahasa
D. migrasi bahasa
10. Hukum bunyi berkaitan dengan .
A. bunyi- bunyi yang ada di dunia ini berdasarkan pada spies yang mirip
B. bunyi-bunyi bahasa yang didasarkan pada kata-kata dengan makna yang mirip
C. semua bunyi yang berasal dari makhluk hidup
D. semua bunyi yang berasal dari benda mati
A. bunyi- bunyi yang ada di dunia ini berdasarkan pada spies yang mirip
B. bunyi-bunyi bahasa yang didasarkan pada kata-kata dengan makna yang mirip
C. semua bunyi yang berasal dari makhluk hidup
D. semua bunyi yang berasal dari benda mati
Jawaban:
B. bunyi-bunyi bahasa yang didasarkan pada kata-kata dengan makna yang mirip
B. bunyi-bunyi bahasa yang didasarkan pada kata-kata dengan makna yang mirip
11. Dalam metode pengelompokkan rumpun-rumpun bahasa dikenal teori famiiy tree yang diterjemahkan menjadi .
A. hukum bunyi
B. hukum verner
C. teori gelombang
D. teori batang pohon
A. hukum bunyi
B. hukum verner
C. teori gelombang
D. teori batang pohon
Jawaban:
D. teori batang pohon
D. teori batang pohon
12. Langkah awal dalam merekonstruksi fonem dan morfem bahasa kerabat kepada fonem dan morfem bahasa purba adalah .
A. mencatat semua korespondensi fonemis bahasa kerabat yang dibandingkan
B. membandingkan unsur-unsur yang menunjukkan kontras
C. mengadakan rekonstruksi tiap fonem yang terkandung dalam pasangan kata-kata yang dibandingkan
D. menarik simpulan dari hasil rekonstruksi
A. mencatat semua korespondensi fonemis bahasa kerabat yang dibandingkan
B. membandingkan unsur-unsur yang menunjukkan kontras
C. mengadakan rekonstruksi tiap fonem yang terkandung dalam pasangan kata-kata yang dibandingkan
D. menarik simpulan dari hasil rekonstruksi
Jawaban:
A. mencatat semua korespondensi fonemis bahasa kerabat yang dibandingkan
A. mencatat semua korespondensi fonemis bahasa kerabat yang dibandingkan
13. Menurut Keraf, teknik leksikostatistik dalam linguistik historis adalah
A. teknik untuk menentukan umur bahasa-bahasa
B. teknik untuk menentukan laju kehilangan kata dan persentase ketahanan kata
C. teknik pengelompokkan bahasa dengan cara melihat kata-kata secara statistik
D. teknik mengelompokkan bahasa dengan memperhitungakan usia bahasa-bahasa tersebut
A. teknik untuk menentukan umur bahasa-bahasa
B. teknik untuk menentukan laju kehilangan kata dan persentase ketahanan kata
C. teknik pengelompokkan bahasa dengan cara melihat kata-kata secara statistik
D. teknik mengelompokkan bahasa dengan memperhitungakan usia bahasa-bahasa tersebut
Jawaban:
C. teknik pengelompokkan bahasa dengan cara melihat kata-kata secara statistik
C. teknik pengelompokkan bahasa dengan cara melihat kata-kata secara statistik
14. Migrasi bahasa terjadi dengan cara .
A. membinakan suatu bahasa kepada suatu masyarakat tertentu
B. mengembangkan bahasa yang dilakukan oleh pusat bahasa
C. bercampurnya bahasa pendatang dengan bahasa penduduk asli
D. berkembangnya suatu bahasa karena pembelajaran
A. membinakan suatu bahasa kepada suatu masyarakat tertentu
B. mengembangkan bahasa yang dilakukan oleh pusat bahasa
C. bercampurnya bahasa pendatang dengan bahasa penduduk asli
D. berkembangnya suatu bahasa karena pembelajaran
Jawaban:
C. bercampurnya bahasa pendatang dengan bahasa penduduk asli
C. bercampurnya bahasa pendatang dengan bahasa penduduk asli
15. Dalam teori migrasi terdapat istilah wilayah dan daerah. Pengertian wilayah dalam teori ini adalah .
A. wilayah bisa terdiri atas satu atau lebih daerah baik bersambungan atau terpisah yang di dalamnya terdapat pemakai suatu bahasa
B. wilayah dan daerah tidak memiliki perbedaan, keduanya merupakan tempat yang di dalamnya terdapat pemakai suatu bahasa
C. wilayah merupakan tempat yang di dalamnya terdapat banyak bahasa yang dapat digunakan dalam berkomunikasi
D. wilayah merupakan bagian dari daerah yang di dalamnya terdapat banyak ahli bahasa yang aktif meneliti perbedaan-perbedaan bahasa yang ada
A. wilayah bisa terdiri atas satu atau lebih daerah baik bersambungan atau terpisah yang di dalamnya terdapat pemakai suatu bahasa
B. wilayah dan daerah tidak memiliki perbedaan, keduanya merupakan tempat yang di dalamnya terdapat pemakai suatu bahasa
C. wilayah merupakan tempat yang di dalamnya terdapat banyak bahasa yang dapat digunakan dalam berkomunikasi
D. wilayah merupakan bagian dari daerah yang di dalamnya terdapat banyak ahli bahasa yang aktif meneliti perbedaan-perbedaan bahasa yang ada
Jawaban:
A. wilayah bisa terdiri atas satu atau lebih daerah baik bersambungan atau terpisah yang di dalamnya terdapat pemakai suatu bahasa
A. wilayah bisa terdiri atas satu atau lebih daerah baik bersambungan atau terpisah yang di dalamnya terdapat pemakai suatu bahasa
16. Di dalam migrasi bahasa terdapat istilah yang disebut intrusi, yaitu .
A. unit bahasa yang keluar dari bahasa asli
B. daerah baru tempat bah/asa bermigrasi
C. bahasa yang dipakai di daerah baru karena migrasi
D. penutur suatu daerah yang pindah ke daerah baru
A. unit bahasa yang keluar dari bahasa asli
B. daerah baru tempat bah/asa bermigrasi
C. bahasa yang dipakai di daerah baru karena migrasi
D. penutur suatu daerah yang pindah ke daerah baru
Jawaban:
C. bahasa yang dipakai di daerah baru karena migrasi