34 Soal Tentang TEFL + Kunci Jawaban
Soal Pilgan TEFL
1. Dallmann, et al. (1974) say that it is important to help the learners in acquiring such skills as … of a selection, judging the authenticity of a report, and making generalizations on the basis
of what is read.
A. guessing the main idea
B. underlining the important examples
C. noting details that support the main idea
D. collecting the potential problems
of what is read.
A. guessing the main idea
B. underlining the important examples
C. noting details that support the main idea
D. collecting the potential problems
Jawaban:
C. noting details that support the main idea
C. noting details that support the main idea
2. Pada tahun berapakah Claudia Marcel mengkritik pembelajaran bahasa yang menekankan pada tata bahasa dan penerjemahan?
A. 1631
B. 1783
C. 1819
D. 1867
Jawaban:
D. 1867
D. 1867
3. Salah satu perbedaan yang mendasar antara Grammar Translation Method (GMT) dengan Direct Method yaitu bahwa tujuan utama dalam mempelajari bahasa dengan menggunakan GM adalah....
A. drill yaitu menirukan dan mengulang-ulang secara otomatis apa yang sedang dipelajari sedangkan Direct Method menggunakan bahasa sasaran secara langsung untuk berkomunikasi dalam proses pembelajaran di kelas
B. dapat membaca wacana yang ditulis dalam bahasa sasaran sedangkan Direct Method menggunakan bahasa sasaran secara langsung untuk berkomunikasi dalam proses pembelajaran di kelas
C. keterampilan membuat kalimat dengan kosa kata yang dikuasainya secara berlebihan sedangkan Direct Method bertujuan untuk menguasai bahasa lisan dan tulisan
D. penguasaan bahasa sasaran untuk berkomunikasi dalam pembelajaran di kelas sedangkan the Direct Method bertujuan untuk penguasan drill
A. drill yaitu menirukan dan mengulang-ulang secara otomatis apa yang sedang dipelajari sedangkan Direct Method menggunakan bahasa sasaran secara langsung untuk berkomunikasi dalam proses pembelajaran di kelas
B. dapat membaca wacana yang ditulis dalam bahasa sasaran sedangkan Direct Method menggunakan bahasa sasaran secara langsung untuk berkomunikasi dalam proses pembelajaran di kelas
C. keterampilan membuat kalimat dengan kosa kata yang dikuasainya secara berlebihan sedangkan Direct Method bertujuan untuk menguasai bahasa lisan dan tulisan
D. penguasaan bahasa sasaran untuk berkomunikasi dalam pembelajaran di kelas sedangkan the Direct Method bertujuan untuk penguasan drill
Jawaban:
B. dapat membaca wacana yang ditulis dalam bahasa sasaran sedangkan Direct Method menggunakan bahasa sasaran secara langsung untuk berkomunikasi dalam proses pembelajaran di kelas
B. dapat membaca wacana yang ditulis dalam bahasa sasaran sedangkan Direct Method menggunakan bahasa sasaran secara langsung untuk berkomunikasi dalam proses pembelajaran di kelas
4. Teori pembelajaran bahasa yang melandasi pendekatan pembelajaran bahasa The Silent Way mengasumsikan bahwa ....
A. Belajar bahasa akan menjadi mudah apabila pebelajar menemukan sendiri apa yang dipelajari
B. Norma-norma dalam masyarakat sering menghalangi proses pembelajaran bahasa
C. Pemerolehan bahasa melibatkan fungsi-fungsi sadar dan tidak sadar
D. Belajar adalah proses dari pembiasaan
A. Belajar bahasa akan menjadi mudah apabila pebelajar menemukan sendiri apa yang dipelajari
B. Norma-norma dalam masyarakat sering menghalangi proses pembelajaran bahasa
C. Pemerolehan bahasa melibatkan fungsi-fungsi sadar dan tidak sadar
D. Belajar adalah proses dari pembiasaan
Jawaban:
A. Belajar bahasa akan menjadi mudah apabila pebelajar menemukan sendiri apa yang dipelajari
A. Belajar bahasa akan menjadi mudah apabila pebelajar menemukan sendiri apa yang dipelajari
5. Apabila guru mempercayai bahwa bahasa adalah sistem untuk pengungkapan makna maka guru akan melakukan proses pembelajaran sebagai berikut ....
A. menggunakan bahan pelajaran yang autentik bukan dengan bahan pelajaran yang bersifat teknik terhadap pola-pola tata bahasa
B. memberikan input yang sebanyak-banyaknya melalui menyimak dan membaca agar siswa memperoleh input yang banyak
C. memberikan latihan-latihan drill sebanyak-banyaknya agar siswa terbiasa dengan ungkapan-ungkapan yang dipelajari
D. menjelaskan aturan-aturan tata bahasa agar siswa dapat membuat pola-pola kalimat yang benar
A. menggunakan bahan pelajaran yang autentik bukan dengan bahan pelajaran yang bersifat teknik terhadap pola-pola tata bahasa
B. memberikan input yang sebanyak-banyaknya melalui menyimak dan membaca agar siswa memperoleh input yang banyak
C. memberikan latihan-latihan drill sebanyak-banyaknya agar siswa terbiasa dengan ungkapan-ungkapan yang dipelajari
D. menjelaskan aturan-aturan tata bahasa agar siswa dapat membuat pola-pola kalimat yang benar
Jawaban:
A. menggunakan bahan pelajaran yang autentik bukan dengan bahan pelajaran yang bersifat teknik terhadap pola-pola tata bahasa
A. menggunakan bahan pelajaran yang autentik bukan dengan bahan pelajaran yang bersifat teknik terhadap pola-pola tata bahasa
6. Teknik pembelajaran bahasa yang sesuai dengan Audio Lingual Method adalah ....
A. Guru memberikan suatu dialog, membacakan dialog tersebut beberapa kali dengan kecepatan normal, siswa mendengarkan lalu menirukan bersama-sama baris demi baris, siswa menghafalkan, lalu maju berpasang pasangan memaikan peran dialog tersebut
B. Guru menyiapkan wacana, dan memberikan wacana tersebut kepada setiap siswa, siswa membaca satu persatu dengan nada yang keras, guru meminta siswa untuk membuat pertanyaan dari wacana terbut dan meminta siswa lainnya untuk menjawab pertanyaan tsb
C. Guru memberikan wacana dalam bahasa Inggris, siswa membaca wacana tersebut kemudian menerjemahkannya kedalam bahasa ibu, siswa juga menerjemahkan arti kata-kata sulit dan menghafalnya, guru meminta siswa untuk menuliskan aturan-aturan tata bahasa
D. Guru mengucapkan beberapa kalimat perintah, guru meminta siswa untuk melakukan perintah guru, guru memberikan perintah-perintah yang baru sebagai materi yang baru
A. Guru memberikan suatu dialog, membacakan dialog tersebut beberapa kali dengan kecepatan normal, siswa mendengarkan lalu menirukan bersama-sama baris demi baris, siswa menghafalkan, lalu maju berpasang pasangan memaikan peran dialog tersebut
B. Guru menyiapkan wacana, dan memberikan wacana tersebut kepada setiap siswa, siswa membaca satu persatu dengan nada yang keras, guru meminta siswa untuk membuat pertanyaan dari wacana terbut dan meminta siswa lainnya untuk menjawab pertanyaan tsb
C. Guru memberikan wacana dalam bahasa Inggris, siswa membaca wacana tersebut kemudian menerjemahkannya kedalam bahasa ibu, siswa juga menerjemahkan arti kata-kata sulit dan menghafalnya, guru meminta siswa untuk menuliskan aturan-aturan tata bahasa
D. Guru mengucapkan beberapa kalimat perintah, guru meminta siswa untuk melakukan perintah guru, guru memberikan perintah-perintah yang baru sebagai materi yang baru
Jawaban:
A. Guru memberikan suatu dialog, membacakan dialog tersebut beberapa kali dengan kecepatan normal, siswa mendengarkan lalu menirukan bersama-sama baris demi baris, siswa menghafalkan, lalu maju berpasang pasangan memaikan peran dialog tersebut
A. Guru memberikan suatu dialog, membacakan dialog tersebut beberapa kali dengan kecepatan normal, siswa mendengarkan lalu menirukan bersama-sama baris demi baris, siswa menghafalkan, lalu maju berpasang pasangan memaikan peran dialog tersebut
7. Kesalahan penggunaan tata bahasa yang sering dilakukan oleh siswa adalah ....
A. I have done my homework last night
B. She is a book library
C. This is he umbrella
D. His a teacher
A. I have done my homework last night
B. She is a book library
C. This is he umbrella
D. His a teacher
Jawaban:
A. I have done my homework last night
8. Langkah-langkah pembelajaran yang manakah yang dilakukan oleh guru untuk mengajarkan keterampilan berbahasa dengan Audio Lingual Method?
A. Guru memberikan dialog dan menjelaskan kata-kata atau frasa sulit; guru membacakan dialog beberapa kali dengan kecepatan normal dan mendramatisasikan dialog yang dibaca sementara siswa mendengarkan; guru meminta siswa untuk menirukan dialog tersebut baris demi baris bersama-sama, apabila siswa ada yang membuat kesalahan, guru memperbaikinya dengan
memberikan drill; guru menunjuk siswa untuk mengucapkan baris-baris dialog, lalu menunjuk siswa untuk melakukan dialog secara berpasang-pasangan
B. Guru memberikan wacana, menjelaskan kata-kata, frasa, dan kalimat sulit; guru menjelaskan isi wacana, dan meminta siswa untuk membaca satu persatu; guru memberikan pertanyaan-pertanyaan pemahaman secara tertulis, dan siswa menjawab secra tertulis; guru meminta siswa untuk menulis isi ceritera dengan menggunakan kata-kata sendiri
C. Guru memberikan wacana dalam bahasa Inggris; siswa menerjemahkan wacana tersebut dalam bahasa Indonesia; apabila ada pertanyaan, siswa bertanya dalam bahasa Indonesia dan guru juga menjawab dalam bahasa Indonesia; siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pemahaman, dan menerjemahkan kosa kata baru siswa juga mengerjakan latihan-latihan tata bahasa berdasarkan wacana
D. Guru memberikan model dengan mengucapkan kalimat-kalimat perintah; siswa melakukan gerakan-gerakan sesuai dengan perintah yang diucapkan guru; apabila siswa memberikan respon yang tidak benar , guru akan memberikan koreksi atas kesalahan siswa
A. Guru memberikan dialog dan menjelaskan kata-kata atau frasa sulit; guru membacakan dialog beberapa kali dengan kecepatan normal dan mendramatisasikan dialog yang dibaca sementara siswa mendengarkan; guru meminta siswa untuk menirukan dialog tersebut baris demi baris bersama-sama, apabila siswa ada yang membuat kesalahan, guru memperbaikinya dengan
memberikan drill; guru menunjuk siswa untuk mengucapkan baris-baris dialog, lalu menunjuk siswa untuk melakukan dialog secara berpasang-pasangan
B. Guru memberikan wacana, menjelaskan kata-kata, frasa, dan kalimat sulit; guru menjelaskan isi wacana, dan meminta siswa untuk membaca satu persatu; guru memberikan pertanyaan-pertanyaan pemahaman secara tertulis, dan siswa menjawab secra tertulis; guru meminta siswa untuk menulis isi ceritera dengan menggunakan kata-kata sendiri
C. Guru memberikan wacana dalam bahasa Inggris; siswa menerjemahkan wacana tersebut dalam bahasa Indonesia; apabila ada pertanyaan, siswa bertanya dalam bahasa Indonesia dan guru juga menjawab dalam bahasa Indonesia; siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pemahaman, dan menerjemahkan kosa kata baru siswa juga mengerjakan latihan-latihan tata bahasa berdasarkan wacana
D. Guru memberikan model dengan mengucapkan kalimat-kalimat perintah; siswa melakukan gerakan-gerakan sesuai dengan perintah yang diucapkan guru; apabila siswa memberikan respon yang tidak benar , guru akan memberikan koreksi atas kesalahan siswa
Jawaban:
A. Guru memberikan dialog dan menjelaskan kata-kata atau frasa sulit; guru membacakan dialog beberapa kali dengan kecepatan normal dan mendramatisasikan dialog yang dibaca sementara siswa mendengarkan; guru meminta siswa untuk menirukan dialog tersebut baris demi baris bersama-sama, apabila siswa ada yang membuat kesalahan, guru memperbaikinya dengan
memberikan drill; guru menunjuk siswa untuk mengucapkan baris-baris dialog, lalu menunjuk siswa untuk melakukan dialog secara berpasang-pasangan10. Contoh constraction drill adalah sebagai berikut ....
A. T : This is my hat and that is ....
S: This is my hat and that is your hat
T : These are Andi’s and those....
S: These are Andi’s and those are ours
B. T : I study English
S: I study English
T : Every night
S: I study English every night
C. T : She washes the dishes
S: She doesn’t wash the dishes
T : They drive a car
S: They don’t play tennis
D. T : I clean the floor
S: I clean it
T : Shes made some cakes
S: Shes made them
A. T : This is my hat and that is ....
S: This is my hat and that is your hat
T : These are Andi’s and those....
S: These are Andi’s and those are ours
B. T : I study English
S: I study English
T : Every night
S: I study English every night
C. T : She washes the dishes
S: She doesn’t wash the dishes
T : They drive a car
S: They don’t play tennis
D. T : I clean the floor
S: I clean it
T : Shes made some cakes
S: Shes made them
Jawaban:
D. T : I clean the floor
S: I clean it
T : Shes made some cakes
S: Shes made them
D. T : I clean the floor
S: I clean it
T : Shes made some cakes
S: Shes made them
11. Asumsi apakah yang mendasari pembelajaran bahasa sesuai the Direct Method ?
A. guru tidak perlu mengajarkan tata bahasa dan kosa kata melainkan membuat bagaimana siswa dapat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang sedang dipelajari
B. bahasa dipandang sebagai bahasa yang dipakai oleh penutur aslinya sehingga siswa bukan hanya mempelajari bahasa sasaran tetapi kebudayaannya
C. pembelajaran bahasa merupakan pembiasaan (habit formation) sehingga siswa harus dilatih untuk menirukan dengan lafal yang tepat dan akurat
D. bahasa merupakan aturan-aturan gramatika dan kosa kata yang dipelajari dalam situasi yang nyata dan diberikan melalui teks wacana
A. guru tidak perlu mengajarkan tata bahasa dan kosa kata melainkan membuat bagaimana siswa dapat berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang sedang dipelajari
B. bahasa dipandang sebagai bahasa yang dipakai oleh penutur aslinya sehingga siswa bukan hanya mempelajari bahasa sasaran tetapi kebudayaannya
C. pembelajaran bahasa merupakan pembiasaan (habit formation) sehingga siswa harus dilatih untuk menirukan dengan lafal yang tepat dan akurat
D. bahasa merupakan aturan-aturan gramatika dan kosa kata yang dipelajari dalam situasi yang nyata dan diberikan melalui teks wacana
Jawaban:
D. bahasa merupakan aturan-aturan gramatika dan kosa kata yang dipelajari dalam situasi yang nyata dan diberikan melalui teks wacana
D. bahasa merupakan aturan-aturan gramatika dan kosa kata yang dipelajari dalam situasi yang nyata dan diberikan melalui teks wacana
12. Karakteristik penting dalam pembelajaran bahasa Inggris dgn Direct Method adalah ....
A. Tata bahasa tidak perlu diajarkan secara eksplisit karena siswa akan memahami tata bahasa dengan sendirinya ketika siswa belajar membaca
B. Tata bahasa dan kosa kata diajarkan secara terpisah agar siswa dapat menguasai aturan-aturan tata bahasa dan kosa kata dengan cepat
C. Pengulangan materi baru dimaksudkan untuk memberi semangat kepada siswa agar dapat menguasai bahasa secara alami
D. Siswa lebih banyak belajar bahasa di luar kelas, dalam situasi nyata, dan bukan di dalam kelas
A. Tata bahasa tidak perlu diajarkan secara eksplisit karena siswa akan memahami tata bahasa dengan sendirinya ketika siswa belajar membaca
B. Tata bahasa dan kosa kata diajarkan secara terpisah agar siswa dapat menguasai aturan-aturan tata bahasa dan kosa kata dengan cepat
C. Pengulangan materi baru dimaksudkan untuk memberi semangat kepada siswa agar dapat menguasai bahasa secara alami
D. Siswa lebih banyak belajar bahasa di luar kelas, dalam situasi nyata, dan bukan di dalam kelas
Jawaban:
C. Pengulangan materi baru dimaksudkan untuk memberi semangat kepada siswa agar dapat menguasai bahasa secara alami
C. Pengulangan materi baru dimaksudkan untuk memberi semangat kepada siswa agar dapat menguasai bahasa secara alami
13. Karakteristik penting dalam pembelajaran bahasa Inggris dgn T otal Physical Response (TPR) adalah ....
A. Materi yang diberikan untuk kemampuan membaca adalah materi yang sudah diberikan pada pelajaran menyimak dan berbicara, dan membaca diberikan setelah kedua kemampuan ini dikuasa siswa
B. Tujuan utama pembelajaran bahasa adalah kemampuan berbicara sehingga pembelajaran di kelas difokuskan pada kemampuan bahasa lisan
C. Menyimak dan memahami bahasa lisan lebih diutamakan sebelum siswa dapat mengucapkan kalimat-kalimat dalam bahasa sasaran
D. Bahasa pertama digunakan sebagai bahasa pengantar , dan siswa diberikan latihan-latihan
A. Materi yang diberikan untuk kemampuan membaca adalah materi yang sudah diberikan pada pelajaran menyimak dan berbicara, dan membaca diberikan setelah kedua kemampuan ini dikuasa siswa
B. Tujuan utama pembelajaran bahasa adalah kemampuan berbicara sehingga pembelajaran di kelas difokuskan pada kemampuan bahasa lisan
C. Menyimak dan memahami bahasa lisan lebih diutamakan sebelum siswa dapat mengucapkan kalimat-kalimat dalam bahasa sasaran
D. Bahasa pertama digunakan sebagai bahasa pengantar , dan siswa diberikan latihan-latihan
Jawaban:
C. Menyimak dan memahami bahasa lisan lebih diutamakan sebelum siswa dapat mengucapkan kalimat-kalimat dalam bahasa sasaran
14. Teknik pembelajaran bahasa yang sesuai dengan prinsip Total Physical Response adalah ....
A. Guru memberikan dialog dan menjelaskan kata-kata atau frasa sulit; guru membacakan dialog beberapa kali dengan kecepatan normal dan mendramatisasikan dialog yang dibaca sementara siswa mendengarkan; guru meminta siswa untuk menirukan dialog tersebut baris demi baris bersama-sama, apabila siswa ada yang membuat kesalahan, guru memperbaikinya dengan memberikan drill; guru menunjuk siswa untuk mengucapkan baris-baris dialog, lalu menunjuk siswa untuk melakukan dialog secara berpasang-pasangan
B. Guru memberikan wacana, menjelaskan kata-kata, frasa, dan kalimat sulit; guru menjelaskan isi wacana, dan meminta siswa untuk membaca satu persatu; guru memberikan pertanyaan-pertanyaan pemahaman secara tertulis, dan siswa menjawab secara tertulis; guru meminta siswa untuk menulis isi ceritera dengan menggunakan kata-kata sendiri
C. Guru memberikan wacana dalam bahasa Inggris; siswa menerjemahkan wacana tersebut dalam bahasa Indonesia; apabila ada pertanyaan, siswa bertanya dalam bahasa Indonesia dan guru juga menjawab dalam bahasa Indonesia; siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pemahaman, dan menerjemahkan kosa kata baru siswa juga mengerjakan latihan-latihan tata bahasa berdasarkan wacana
D. Guru memberikan model dengan mengucapkan kalimat-kalimat perintah; siswa melakukan gerakan-gerakan sesuai dengan perintah yang diucapkan guru; apabila siswa memberikan respon yang tidak benar , guru akan memberikan koreksi atas kesalahan siswa
A. Guru memberikan dialog dan menjelaskan kata-kata atau frasa sulit; guru membacakan dialog beberapa kali dengan kecepatan normal dan mendramatisasikan dialog yang dibaca sementara siswa mendengarkan; guru meminta siswa untuk menirukan dialog tersebut baris demi baris bersama-sama, apabila siswa ada yang membuat kesalahan, guru memperbaikinya dengan memberikan drill; guru menunjuk siswa untuk mengucapkan baris-baris dialog, lalu menunjuk siswa untuk melakukan dialog secara berpasang-pasangan
B. Guru memberikan wacana, menjelaskan kata-kata, frasa, dan kalimat sulit; guru menjelaskan isi wacana, dan meminta siswa untuk membaca satu persatu; guru memberikan pertanyaan-pertanyaan pemahaman secara tertulis, dan siswa menjawab secara tertulis; guru meminta siswa untuk menulis isi ceritera dengan menggunakan kata-kata sendiri
C. Guru memberikan wacana dalam bahasa Inggris; siswa menerjemahkan wacana tersebut dalam bahasa Indonesia; apabila ada pertanyaan, siswa bertanya dalam bahasa Indonesia dan guru juga menjawab dalam bahasa Indonesia; siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pemahaman, dan menerjemahkan kosa kata baru siswa juga mengerjakan latihan-latihan tata bahasa berdasarkan wacana
D. Guru memberikan model dengan mengucapkan kalimat-kalimat perintah; siswa melakukan gerakan-gerakan sesuai dengan perintah yang diucapkan guru; apabila siswa memberikan respon yang tidak benar , guru akan memberikan koreksi atas kesalahan siswa
Jawaban:
D. Guru memberikan model dengan mengucapkan kalimat-kalimat perintah; siswa melakukan gerakan-gerakan sesuai dengan perintah yang diucapkan guru; apabila siswa memberikan respon yang tidak benar , guru akan memberikan koreksi atas kesalahan siswa
15. Materi pembelajaran yang manakah yang sesuai untuk tingkat elementary ?
A. Tanya jawab tentang benda-benda yang terdapat di lingkungan belajar
B. Tanya jawab tentang pertandingan sepak bola tingkat internasional
C. Dialog tentang menunjukkan arah jalan
D. Berdiskusi melalui telepon
A. Tanya jawab tentang benda-benda yang terdapat di lingkungan belajar
B. Tanya jawab tentang pertandingan sepak bola tingkat internasional
C. Dialog tentang menunjukkan arah jalan
D. Berdiskusi melalui telepon
Jawaban:
A. Tanya jawab tentang benda-benda yang terdapat di lingkungan belajar
A. Tanya jawab tentang benda-benda yang terdapat di lingkungan belajar
16. Bentuk materi pembelajaran bahasa Inggris yang manakah yang sesuai dengan siswa usia anak-anak?
A. Membaca ceritera non fiksi bahasa Inggris tentang misteri Bermuda triangle
B. Ceritera novel yang menceriterakan kehidupan anak-anak di pedesaan
C. Buku teks, benda-benda abstrak, dan wacana fiksi atau non fiksi
D. Gambar alat-alat transportasi darat, laut, dan udara
Jawaban:
D. Gambar alat-alat transportasi darat, laut, dan udara
D. Gambar alat-alat transportasi darat, laut, dan udara
17. Kompetensi wacana (discourse competence) mencakup penguasaan ....
A. dan pemahaman ujaran secara tepat dan akurat sesuai dengan peran yang dilakukan oleh pembicara
B. akan strategi komunikasi verbal dengan bantuan non-verbal untuk memperjelas makna ujaran
C. menggabungkan kalimat-kalimat untuk membentuk suatu teks yang terpadu
D. kaidah-kaidah bahasa seperti kosa kata, tata bahasa, dan pengucapan
Jawaban:
C. menggabungkan kalimat-kalimat untuk membentuk suatu teks yang terpadu
C. menggabungkan kalimat-kalimat untuk membentuk suatu teks yang terpadu
18. Tujuan utama dalam pendekatan pembelajaran bahasa terpadu adalah ....
A. agar siswa dapat berkomunikasi dengan lancar baik secara lisan maupun tulisan
dalam bentuk formal maupun tidak formal
B. mengembangkan beberapa keterampilan berbahasa seperti listening, speaking, reading, dan writing dalam satu kegiatan pembelajaran
C. beberapa keterampilan berbahasa seperti listening, speaking, reading, dan
D. unsur-unsur bahasa seperti kosa kata, tata bahasa, dan ucapan
Jawaban:
B. mengembangkan beberapa keterampilan berbahasa seperti listening, speaking, reading, dan writing dalam satu kegiatan pembelajaran
B. mengembangkan beberapa keterampilan berbahasa seperti listening, speaking, reading, dan writing dalam satu kegiatan pembelajaran
19. Contoh pembelajaran manakah yang merupakan pembelajaran terpadu dalam pembelajaran
bahasa Inggris berikut ini?
A. Guru memberikan suatu gambar; guru menanyakan beberapa pertanyaan berdasarkan gambar tersebut; siswa menjawab secara lisan; siswa menulis ceritera berdasarkan gambar yang diberikan; siswa membacakan hasil tulisannya
B. Guru menunjukkan suatu benda, misalnya, pohon mangga yang ada di luar ruangan; guru menyebutkan nama pohonnya, bagian-bagian dari pohon tersebut, dan hasilnya
C. Guru meminta siswa membaca suatu wacana satu persatu, membahas isi wacana tersebut bersama-sama, dan menanyakan beberapa pertanyaan
D. Guru meminta siswa untuk menulis sebuah karangan tentang aktivitas yang dilakukan selama liburan; dan guru memeriksa tulisan siswa satu persatu
Jawaban:
A. Guru memberikan suatu gambar; guru menanyakan beberapa pertanyaan berdasarkan gambar tersebut; siswa menjawab secara lisan; siswa menulis ceritera berdasarkan gambar yang diberikan; siswa membacakan hasil tulisannya
20. By choosing the grammar materials based on the frequency of its occurance will makes the material have relation to communication because those are the things that they … in the real life.
A. find, see or apply
B. hear, read, or use
C. study , watch, or play
D. talk, tell, or write
A. find, see or apply
B. hear, read, or use
C. study , watch, or play
D. talk, tell, or write
Jawaban:
B. hear, read, or use
B. hear, read, or use
21. Kirn and Jack (1985) suggested that in teaching grammar in sequencing uses certain time such present, past and future. It also follows the principles of communicative approach by teaching grammar through context. One of the principles is based on the story lines to reinforce the students’ memorization and understanding, i.e. …
A. the formation of grammar
B. the expression of grammar
C. the presentation of grammar
D. the contextualization of grammar
A. the formation of grammar
B. the expression of grammar
C. the presentation of grammar
D. the contextualization of grammar
Jawaban:
D. the contextualization of grammar
D. the contextualization of grammar
22. Thompson (1996) suggested retrospective approach to teach grammar communicatively in this approach the students start to….
A. focus on comprehensible context
B. examine the grammatical form
C. discuss the daily habit
D. write the grammar rule
A. focus on comprehensible context
B. examine the grammatical form
C. discuss the daily habit
D. write the grammar rule
Jawaban:
A. focus on comprehensible context
A. focus on comprehensible context
23. There are two ways of choosing materials in teaching grammar. One of them uses the different materials for each level or uses the same materials with different …
A. time
B. tasks
C. facility
D. media
A. time
B. tasks
C. facility
D. media
Jawaban:
B. tasks
B. tasks
24. Huebener(1965) stated that if properly used, pictures, charts, maps, slides, records, and flash cards will certainly make the grammar lesson more interesting, more colourful, and more effective. The picture is one of the flexible media in teaching learning process because they can be used for teaching the other language skills or components and easily to … into the classroom.
A. discover
B. bring
C. formulate
D. expose
A. discover
B. bring
C. formulate
D. expose
Jawaban:
B. bring
25. The disadvantage of a grammar syllabus is that the students are often preoccupied with grammar when they learning communicative activities, which may …. natural communicative process.
A. create
B. enhance
C. block
D. reproduce
A. create
B. enhance
C. block
D. reproduce
Jawaban:
C. block
C. block
26. English teachers should read not only the content of the book but should also read how the materials … so that they know what skill will be the target of the students’ learning.
A. to be edited
B. are presented
C. can be constructed
D. to show the message
A. to be edited
B. are presented
C. can be constructed
D. to show the message
Jawaban:
B. are presented
B. are presented
27. It is suggested that procedures or techniques in teaching integrated skills by using two lessons in one unit. The first lesson will go through …, functional practice and written expression; while the second one through dialogue practice and role play .
A. opening dialogue
B. introduction
C. memorization
D. pattern drilling
A. opening dialogue
B. introduction
C. memorization
D. pattern drilling
Jawaban:
A. opening dialogue
A. opening dialogue
28. It is preferable to use the tape so that the students may … more easily between the two speakers in the dialoque. The students listen with books closed.
A. disconcert
B. dissemble
C. differentiate
D. devastate
A. disconcert
B. dissemble
C. differentiate
D. devastate
Jawaban:
C. differentiate
C. differentiate
29. Functional practice is the most important section of each unit since It is presented and the appropriate language is needed to perform it which is clearly set out in … .
A. jumble words
B. repeating drills
C. sentence patterns
D. substitution tables
A. jumble words
B. repeating drills
C. sentence patterns
D. substitution tables
Jawaban:
D. substitution tables
30. Salah satu prinsip pembelajaran dengan Grammar Translation Method adalah ....
A. materi-materi tata bahasa harus diberikan dan dilatihkan kepada siswa di dalam kelas sebelum siswa mempelajarinya lebih lanjut
B. siswa diberikan drill untuk latihan mendengarkan dan menirukan ucapan-ucapan sehingga siswa dapat mengucapkan sendiri secara otomatis
C. pembelajaran menekankan pada pemberian pengalaman belajar yang dapat dipahami (comprehensible input) dalam bahasa sasaran
D. Kosa kata dipelajari melalui daftar kata-kata yang ditulis dalam dua bahasa, bahasa sasaran dan bahasa pertama
A. materi-materi tata bahasa harus diberikan dan dilatihkan kepada siswa di dalam kelas sebelum siswa mempelajarinya lebih lanjut
B. siswa diberikan drill untuk latihan mendengarkan dan menirukan ucapan-ucapan sehingga siswa dapat mengucapkan sendiri secara otomatis
C. pembelajaran menekankan pada pemberian pengalaman belajar yang dapat dipahami (comprehensible input) dalam bahasa sasaran
D. Kosa kata dipelajari melalui daftar kata-kata yang ditulis dalam dua bahasa, bahasa sasaran dan bahasa pertama
Jawaban:
D. Kosa kata dipelajari melalui daftar kata-kata yang ditulis dalam dua bahasa, bahasa sasaran dan bahasa pertama
D. Kosa kata dipelajari melalui daftar kata-kata yang ditulis dalam dua bahasa, bahasa sasaran dan bahasa pertama
31. Teknik pembelajaran bahasa yang manakah yang menggunakan Grammar Translation Method
A. Siswa diminta membaca wacana dalam bahasa sasaran kemudian menerjemahkan wacana yang diberikan kedalam bahasa ibu
B. Guru mengucapkan kalimat kemudian siswa diminta menirukan kalimat tersebut lalu mengganti bagian-bagian tertentu yang telah disepakati
C. Guru terus menggunakan bahasa sasaran untuk berkomunikasi di dalam kelas, apabila ada siswa yang tidak mengerti arti kata-kata atau frasa guru menjelaskan dengan objek atau gambar
D. Guru menjelaskan isi dialog, siswa menyimak dengan saksama contoh dialog yang dibacakan guru, siswa mengulangi atau menirukan dialog tersebut bersamasama
B. Guru mengucapkan kalimat kemudian siswa diminta menirukan kalimat tersebut lalu mengganti bagian-bagian tertentu yang telah disepakati
C. Guru terus menggunakan bahasa sasaran untuk berkomunikasi di dalam kelas, apabila ada siswa yang tidak mengerti arti kata-kata atau frasa guru menjelaskan dengan objek atau gambar
D. Guru menjelaskan isi dialog, siswa menyimak dengan saksama contoh dialog yang dibacakan guru, siswa mengulangi atau menirukan dialog tersebut bersamasama
Jawaban:
A. Siswa diminta membaca wacana dalam bahasa sasaran kemudian menerjemahkan wacana yang diberikan kedalam bahasa ibu
A. Siswa diminta membaca wacana dalam bahasa sasaran kemudian menerjemahkan wacana yang diberikan kedalam bahasa ibu
32. Natural Approach menganut teori pembelajaran bahasa yang mengatakan bahwa ....
A. proses pemerolehan bahasa dilakukan secara bawah sadar dan secara alamiah melalui pemahaman bahasa itu sendiri
B. kegiatan belajar di kelas berfokus pada seluruh keterampilan berbahasa yaitu listening,speaking, reading, dan writing
C. mempelajari bahasa harus didasarkan pada penguasaan bahasa pertama yang dicapai secara alami
D. belajar (learning) merupakan hal yang sama dengan (menguasai) bahasa
A. proses pemerolehan bahasa dilakukan secara bawah sadar dan secara alamiah melalui pemahaman bahasa itu sendiri
B. kegiatan belajar di kelas berfokus pada seluruh keterampilan berbahasa yaitu listening,speaking, reading, dan writing
C. mempelajari bahasa harus didasarkan pada penguasaan bahasa pertama yang dicapai secara alami
D. belajar (learning) merupakan hal yang sama dengan (menguasai) bahasa
Jawaban:
A. proses pemerolehan bahasa dilakukan secara bawah sadar dan secara alamiah melalui pemahaman bahasa itu sendiri
A. proses pemerolehan bahasa dilakukan secara bawah sadar dan secara alamiah melalui pemahaman bahasa itu sendiri
33. Teknik pembelajaran bahasa yang manakah yang dikembangkan berdasarkan the Natural Approach?
A. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkomunikasi secara langsung dengan memperhatikan penggunan tata bahasa yang tepat
B. Guru tidak perlu memberikan input bahasa karena siswa aktif dengan menggunakan media yang dipilihnya
C. Siswa harus menggunakan kata-kata bahasa Inggris yang bervariasi agar mereka dapat berkomunikasi secara alami
D. Guru memberikan perintah-perintah sederhana, lalu meningkat pada perintah-perintah yang lebih kompleks
A. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkomunikasi secara langsung dengan memperhatikan penggunan tata bahasa yang tepat
B. Guru tidak perlu memberikan input bahasa karena siswa aktif dengan menggunakan media yang dipilihnya
C. Siswa harus menggunakan kata-kata bahasa Inggris yang bervariasi agar mereka dapat berkomunikasi secara alami
D. Guru memberikan perintah-perintah sederhana, lalu meningkat pada perintah-perintah yang lebih kompleks
Jawaban:
D. Guru memberikan perintah-perintah sederhana, lalu meningkat pada perintah-perintah yang lebih kompleks
34. Once the students are familiar with the dialogue, the teacher can move on to spoken and writen dialogue practice in which individual students are asked to replace the phrases in bold or italic with the other phrases of similar meaning which they have just learned. This activity seems like … .
A. making composition
B. substitution drill
C. role playing
D. retelling
A. making composition
B. substitution drill
C. role playing
D. retelling
Jawaban:
B. substitution drill