16 Soal Tentang Research in ELT + Kunci Jawaban
Soal Pilgan Research in ELT
1. Tema penelitian berikut yang dapat dilakukan dengan teknik survey adalah …
A. Peningkatan kemampuan membaca berbahasa Inggris melalui kegiatan role play
B. Hubungan antara pendekatan komunikatif terhadap kemampuan berbicara berbahasa Inggris siswa
C. Efectivitas pendekatan whole languge dalam pembelajaran bahasa Inggris
D. Profesionalitas guru bahasa Inggris SMA di Kota-kota besar
A. Peningkatan kemampuan membaca berbahasa Inggris melalui kegiatan role play
B. Hubungan antara pendekatan komunikatif terhadap kemampuan berbicara berbahasa Inggris siswa
C. Efectivitas pendekatan whole languge dalam pembelajaran bahasa Inggris
D. Profesionalitas guru bahasa Inggris SMA di Kota-kota besar
Jawaban:
D. Profesionalitas guru bahasa Inggris SMA di Kota-kota besar
D. Profesionalitas guru bahasa Inggris SMA di Kota-kota besar
2. Jika rumusan masalah penelitian eksperimen tertulis: “Apakah pemanfaatan video dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris?” Maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ….
A. kemungkinan diterapkan pemanfaatan video sangat efektif meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris
B. pemanfaatan video dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris atau tidak
C. pemanfaatan video dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris
D. bahwa pemanfaatan video dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris
A. kemungkinan diterapkan pemanfaatan video sangat efektif meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris
B. pemanfaatan video dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris atau tidak
C. pemanfaatan video dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris
D. bahwa pemanfaatan video dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris
Jawaban:
A. kemungkinan diterapkan pemanfaatan video sangat efektif meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris
A. kemungkinan diterapkan pemanfaatan video sangat efektif meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris
3. “Efektivitas strategi active learning terhadap aktivitas berbahasa Inggris siswa SLTP” Variabel dependen pada judul penelitan di atas adalah….
A. strategi active learning
B. activitas berbahasa Inggris
C. siswa SLTP
D. strategi active learning dalam aktivitas berbahasa Inggris
A. strategi active learning
B. activitas berbahasa Inggris
C. siswa SLTP
D. strategi active learning dalam aktivitas berbahasa Inggris
Jawaban:
B. activitas berbahasa Inggris
4. Metode stimulated recall dalam penelitian kelas dilakukan dengan menyusun protocol penelitian yang berisikan ….
A. instruksi, parameter dan seluk-beluk pelaksanaan pengumpulan data
B. jumlah recall yang akan dianalisis
C. tugas atau aktivitas yang harus dilakukan oleh subjek penelitian
D. urutan langkah-langkah aktiviats berbahasa yang akan dilakukan oleh subjek penelitian
A. instruksi, parameter dan seluk-beluk pelaksanaan pengumpulan data
B. jumlah recall yang akan dianalisis
C. tugas atau aktivitas yang harus dilakukan oleh subjek penelitian
D. urutan langkah-langkah aktiviats berbahasa yang akan dilakukan oleh subjek penelitian
Jawaban:
A. instruksi, parameter dan seluk-beluk pelaksanaan pengumpulan data
A. instruksi, parameter dan seluk-beluk pelaksanaan pengumpulan data
5. Penelitian bahasa yang menggunakan teknik analisis interaksi merupakan penelitian yang memfokuskan pada analisis bahasa lisan baik dari pandangan aspek ....
A. linguistik maupun non linguistik
B. bahasa kontektual maupun gramatikal
C. interaksi maupun komunikatif
D. komponen bahasa maupun fungsi bahasa
A. linguistik maupun non linguistik
B. bahasa kontektual maupun gramatikal
C. interaksi maupun komunikatif
D. komponen bahasa maupun fungsi bahasa
Jawaban:
A. linguistik maupun non linguistik
A. linguistik maupun non linguistik
6. Penelitian pembelajaran bahasa Inggris menggunakan teknik studi kasus memiliki kekuatan yang antara lain adalah ... .
A. dapat dijadikan sebagai pedoman dalam melakukan penelitian yang lebih besar
B. dapat memperjelas berbagai permasalahan yang lebih penting
C. membuahkan hipotesis untuk penelitian yang lebih besar
A. dapat dijadikan sebagai pedoman dalam melakukan penelitian yang lebih besar
B. dapat memperjelas berbagai permasalahan yang lebih penting
C. membuahkan hipotesis untuk penelitian yang lebih besar
D. hasilnya dapat digeneralisasikan
Jawaban:
C. membuahkan hipotesis untuk penelitian yang lebih besar
7. Jika seorang guru menemukan banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan tentang inferences dalam bacaan, maka rumusan masalah yang dapat dibuat untuk PTK adalah ….
A. Kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan inferences dalam bacaan
B. Bagaimana kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan inferences dalam bacaan?
C. Upaya peningkatan kemampuan menjawab pertanyaan inferences melalui latihan r eading for detail
D. Peningkatan kemampuan menjawab pertanyaan inferences.
A. Kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan inferences dalam bacaan
B. Bagaimana kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan inferences dalam bacaan?
C. Upaya peningkatan kemampuan menjawab pertanyaan inferences melalui latihan r eading for detail
D. Peningkatan kemampuan menjawab pertanyaan inferences.
Jawaban:
C. Upaya peningkatan kemampuan menjawab pertanyaan inferences melalui latihan reading for detail
C. Upaya peningkatan kemampuan menjawab pertanyaan inferences melalui latihan reading for detail
8. Dalam menentukan tindakan perlu dipertimbangkan hal berikut….
A. memilih tindakan yang diperkirakan dapat mengatasi permasalahan
B. menentukan tindakan berdasarkan teori yang dijadikan dasar dalam studi pustaka
C. merancang tindakan sesuai dengan konsep yang menurut asumsi peneliti
D. menentukan tindakan berdasarkan asumsi peneliti terkait dengan permasalahan dan didukung kajian teori
Jawaban:
D. menentukan tindakan berdasarkan asumsi peneliti terkait dengan permasalahan dan didukung kajian teori
A. memilih tindakan yang diperkirakan dapat mengatasi permasalahan
B. menentukan tindakan berdasarkan teori yang dijadikan dasar dalam studi pustaka
C. merancang tindakan sesuai dengan konsep yang menurut asumsi peneliti
D. menentukan tindakan berdasarkan asumsi peneliti terkait dengan permasalahan dan didukung kajian teori
Jawaban:
D. menentukan tindakan berdasarkan asumsi peneliti terkait dengan permasalahan dan didukung kajian teori
9. Judul penelitian berikut yang dapat dilakukan dengan studi kasus adalah … .
A. Peningkatan kemampuan menulis melalui teknik menjawab pertanyaan.
B. Pengaruh permainan bahasa terhadap kemampuan berbahasa Inggris siswa sekolah dasar
C. Hubungan antara kemampuan membaca cepat terhadap kemampuan pemahaman bacaan berbahasa Inggris
D. Studi tentang kemampuan guru sekolah dasar di SD
Jawaban:
D. Studi tentang kemampuan guru sekolah dasar di SD
D. Studi tentang kemampuan guru sekolah dasar di SD
10. Tahap kedua penelitian studi kasus bentuk tunggal adalah menghentikan tindakan yang bertujuan untuk ….
A. melihat perubahan yang terjadi setelah perlakuan
B. melihat tingkah laku stabil atau tidak setelah tindakan ditiadakan
C. mengetahui apakah tingkah laku akan tetap pada yang lebih rendah yang diperkirakan oleh tahap intervensi
D. menentukan garis dasar terhadap tingkah laku yang bisa dievaluasi
A. melihat perubahan yang terjadi setelah perlakuan
B. melihat tingkah laku stabil atau tidak setelah tindakan ditiadakan
C. mengetahui apakah tingkah laku akan tetap pada yang lebih rendah yang diperkirakan oleh tahap intervensi
D. menentukan garis dasar terhadap tingkah laku yang bisa dievaluasi
Jawaban:
D. menentukan garis dasar terhadap tingkah laku yang bisa dievaluasi
D. menentukan garis dasar terhadap tingkah laku yang bisa dievaluasi
11. Pada penelitian tindakan kelas seorang peneliti akan melakukan siklus tindakan minimal ….siklus.
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat
A. satu
B. dua
C. tiga
D. empat
Jawaban:
B. dua
B. dua
12. Sebuah penelitian eksperimen tanpa menggunakan kelompok kontrol akan tetapi dilakukan dengan pretes terlebih dahulu disebut rancangan …..
A. Studi kasus bentuk tunggal
B. Perbandingan kelompok statik
C. Pretes-postes yang kelompok tunggal
D. Pretes-postes yang tak ekuivalen
A. Studi kasus bentuk tunggal
B. Perbandingan kelompok statik
C. Pretes-postes yang kelompok tunggal
D. Pretes-postes yang tak ekuivalen
Jawaban:
C. Pretes-postes yang kelompok tunggal
C. Pretes-postes yang kelompok tunggal
13. Langkah pertama dalam melakukan penelitian survei adalah …..
A. mengkaji pustaka mengenai apa yang telah ditemukan orang terkait dengan isu survei
B. menentukan cara bagaimana data akan disatukan dalam pelaporan analisis
C. menentukan tujuan apa yang akan ditemukan dalam survey
D. mengkaji kemungkinan instrumen apa yang akan digunakan dalam survei
A. mengkaji pustaka mengenai apa yang telah ditemukan orang terkait dengan isu survei
B. menentukan cara bagaimana data akan disatukan dalam pelaporan analisis
C. menentukan tujuan apa yang akan ditemukan dalam survey
D. mengkaji kemungkinan instrumen apa yang akan digunakan dalam survei
Jawaban:
C. menentukan tujuan apa yang akan ditemukan dalam survey
C. menentukan tujuan apa yang akan ditemukan dalam survey
14. Analisis data dalam penelitian analisis interaksi dilakukan dengan metode kualitatif dengan cara interpretatif yang didasari oleh ... .
A. pemahaman deskriptif kualitatif
B. pemahaman deskripsi kuantitatif
C. pengetahuan deskripsi dengan cara analitik
D. pengetahuan - pengetahuan teoritis bahasa dan interaksi
A. pemahaman deskriptif kualitatif
B. pemahaman deskripsi kuantitatif
C. pengetahuan deskripsi dengan cara analitik
D. pengetahuan - pengetahuan teoritis bahasa dan interaksi
Jawaban:
D. pengetahuan - pengetahuan teoritis bahasa dan interaksi
D. pengetahuan - pengetahuan teoritis bahasa dan interaksi
15. Analisis interaksi yang memfokuskan pada bagaimana percakapan dilakukan adalah jenis interaksi ... .
A. interpersonal encounters
B. transactional interaction
C. child-adult interaction
D. adult interaction
A. interpersonal encounters
B. transactional interaction
C. child-adult interaction
D. adult interaction
Jawaban:
B. transactional interaction
B. transactional interaction
16. Seorang guru bahasa Inggris melakukan penelitian ekperimen dengan menggunakan kelompok ekperimen pada kelas A dan kelompok control kelas B. Setelah perlakuan dilakukan postes dan hasil dari kedua kelompok dibandingkan untuk melihat mana yang lebih baik”. Rancangan yang digunakan Ibu Juhana adalah rancangan …
A. bentuk tunggal
B. postes pada kelompok tunggal
C. perbandingan kelompok statik
A. bentuk tunggal
B. postes pada kelompok tunggal
C. perbandingan kelompok statik
D. postes pada kelompok yang tak ekuivalen
Jawaban:
C. perbandingan kelompok statik