16 Soal Tentang Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Bahasa Indonesia + Kunci Jawaban
Soal Pilgan Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Bahasa Indonesia

1. Kegiatan berikut yang termasuk contoh kegiatan pelaksanaan keterampilan melek informasi adalah ....
A. menonton sebuah pertunjukan drama
B. mendiskusikan isi drama yang ditontonnya
C. memerankan tokoh dalam sebuah naskah drama
D. membuat resensi novel
A. menonton sebuah pertunjukan drama
B. mendiskusikan isi drama yang ditontonnya
C. memerankan tokoh dalam sebuah naskah drama
D. membuat resensi novel
Jawaban:
2. Kelemahan utama model pengembangan rencana pembelajaran Gerlach dan Ely adalah ....
A. setiap guru dapat dengan mudah mengerti dan mengikuti langkah-langkah yang harus diikuti
B. mendorong guru untuk tetap memakai model yang telah dilakukan selama ini
C. menyusun rumusan tujuan husus secara hierarkis
D. guru dapat mudah mengerti dan mengikuti langkah-langkah yang harus dilaksanakan
3. Berikut ini yang bukan merupakan pengertian kegiatan ekstarakurikuler adalah ....
A. kegiatan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran
B. kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara efisien dan efektif untuk mencapai kompetensi yang ditentukan
C. kegiatan yang bertujuan untuk menunjang keberhasilan program intrakurikuler
D. program pengayaan dan perbaikan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah
4. Pernyataan berikut ini yang benar adalah ....
A. program ekstrakurikuler bersifat tidak wajib dan tidak mengikat
B. program ekstrakurikuler bersifat tidak wajib dan mengikat
C. program intrakurikuler bersifat tidak wajib dan tidak mengikat
D. program intrakurikuler bersifat tidak wajib dan mengikat
5. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan pembinaan hidup sehat dan kesegaran jasmani adalah ....
A. kegiatan paskibraka
B. kegiatan pramuka
C. kegiatan PMR (Palang Merah Remaja)
D. kegiatan bakti sosial
6. Berikut ini yang merupakan pengertian perencanaan pembelajaran adalah ....
A. Program pembelajaran yang berisi tentang apa dan bagaimana mengajarkan serta menilai proses dan hasil belajar
B. cermin kemampuan peserta didik dalam memenuhi suatu tahapan pencapaian pengalaman belajar dalam suatu kompetensi dasar
C. seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai kompetensi dasar
D. rincian hasil belajar secara spesifik
D. membuat resensi novel
2. Kelemahan utama model pengembangan rencana pembelajaran Gerlach dan Ely adalah ....
A. setiap guru dapat dengan mudah mengerti dan mengikuti langkah-langkah yang harus diikuti
B. mendorong guru untuk tetap memakai model yang telah dilakukan selama ini
C. menyusun rumusan tujuan husus secara hierarkis
D. guru dapat mudah mengerti dan mengikuti langkah-langkah yang harus dilaksanakan
Jawaban:
B. mendorong guru untuk tetap memakai model yang telah dilakukan selama ini
3. Berikut ini yang bukan merupakan pengertian kegiatan ekstarakurikuler adalah ....
A. kegiatan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran
B. kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara efisien dan efektif untuk mencapai kompetensi yang ditentukan
C. kegiatan yang bertujuan untuk menunjang keberhasilan program intrakurikuler
D. program pengayaan dan perbaikan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah
Jawaban:
B. kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara efisien dan efektif untuk mencapai kompetensi yang ditentukan
4. Pernyataan berikut ini yang benar adalah ....
A. program ekstrakurikuler bersifat tidak wajib dan tidak mengikat
B. program ekstrakurikuler bersifat tidak wajib dan mengikat
C. program intrakurikuler bersifat tidak wajib dan tidak mengikat
D. program intrakurikuler bersifat tidak wajib dan mengikat
Jawaban:
A. program ekstrakurikuler bersifat tidak wajib dan tidak mengikat
5. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan pembinaan hidup sehat dan kesegaran jasmani adalah ....
A. kegiatan paskibraka
B. kegiatan pramuka
C. kegiatan PMR (Palang Merah Remaja)
D. kegiatan bakti sosial
Jawaban:
C. kegiatan PMR (Palang Merah Remaja)
6. Berikut ini yang merupakan pengertian perencanaan pembelajaran adalah ....
A. Program pembelajaran yang berisi tentang apa dan bagaimana mengajarkan serta menilai proses dan hasil belajar
B. cermin kemampuan peserta didik dalam memenuhi suatu tahapan pencapaian pengalaman belajar dalam suatu kompetensi dasar
C. seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai kompetensi dasar
D. rincian hasil belajar secara spesifik
Jawaban:
A. Program pembelajaran yang berisi tentang apa dan bagaimana mengajarkan serta menilai proses dan hasil belajar
7. Indikator: Siswa menuliskan isi berita yang didengarnya ke dalam beberapa kalimat Berdasarkan indikator tersebut, media yang tepat digunakan di dalam kegiatan pembelajaran adalah....
A. TV
B. internet
C. koran
D. majalah
A. TV
B. internet
C. koran
D. majalah
Jawaban:
A. TV
8. Di dalam kegiatan membuka pembelajaran terdapat salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh guru yaitu kegiatan memotivasi siswa dengan tujuan agar siswa ....
A. memiliki semangat dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas-tugas yang akan diberikan
B. mengetahui kompetensi yang akan dicapai setelah proses pembelajaran
C. mudah menyelesaikan tugas latihan dan soal-soal tes
D. mengetahui manfaat apa yang akan diperoleh setelah melakukan kegiatan
Jawaban:
A. memiliki semangat dan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas-tugas yang akan diberikan
9. Salah satu faktor keberhasilan kegiatan ekstrakurikuler adalah sumber daya manusia yang meliputi ....
A. kepala sekolah
B. internet
C. koran
D. majalah
Jawaban:
A. kepala sekolah
10. Fungsi integrasi mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan harus mampu....
A. menghasilkan pribadi-pribadi yang utuh
B. mempersiapkan siswa untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan berikutnya
C. memberi pelayanan terhadap perbedaan individu siswa
D. mengarahkan siswa agar mampu menyesuaikan diri dengan lingkunganya
A. menghasilkan pribadi-pribadi yang utuh
B. mempersiapkan siswa untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan berikutnya
C. memberi pelayanan terhadap perbedaan individu siswa
D. mengarahkan siswa agar mampu menyesuaikan diri dengan lingkunganya
Jawaban:
A. menghasilkan pribadi-pribadi yang utuh
A. menghasilkan pribadi-pribadi yang utuh
11. Salah satu komponen penunjang kurikulum adalah ....
A. materi/isi
B. sistem bimbingan dan penyuluhan
C. evaluasi
D. strategi pembelajaran
A. materi/isi
B. sistem bimbingan dan penyuluhan
C. evaluasi
D. strategi pembelajaran
Jawaban:
B. sistem bimbingan dan penyuluhan
B. sistem bimbingan dan penyuluhan
12. Yang dimaksud dengan tujuan nasional adalah ....
A. tujuan yang diharapkan dicapai oleh suatu lembaga pendidikan
B. tujuan tingkat bawah yang harus dicapai setelah suatu proses pembelajaran
C. tujuan yang ingin dicapai secara nasional yang dilandasi oleh falsafah suatu negara
D. penjabaran dari tujuan institusional yang berisi program-program pendidikan yang menjadi sasaran suatu bidang studi atau mata kuliah
A. tujuan yang diharapkan dicapai oleh suatu lembaga pendidikan
B. tujuan tingkat bawah yang harus dicapai setelah suatu proses pembelajaran
C. tujuan yang ingin dicapai secara nasional yang dilandasi oleh falsafah suatu negara
D. penjabaran dari tujuan institusional yang berisi program-program pendidikan yang menjadi sasaran suatu bidang studi atau mata kuliah
Jawaban:
C. tujuan yang ingin dicapai secara nasional yang dilandasi oleh falsafah suatu negara
13. Manfaat keterampilan melek informasi bagi seorang siswa adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. terbiasa belajar meneliti sesuatu dengan strategi ilmiah
B. rajin menyimak dan berbicara
C. menambah pengetahuan dan wawasan siswa
D. menambah kecerdasan siswa
A. terbiasa belajar meneliti sesuatu dengan strategi ilmiah
B. rajin menyimak dan berbicara
C. menambah pengetahuan dan wawasan siswa
D. menambah kecerdasan siswa
Jawaban:
B. rajin menyimak dan berbicara
14. Salah satu tujuan pembelajaran bahasa Indonesia adalah siswa memahami bahasa Indonesia dari segi berikut, kecuali ....
A. fungsi
B. tujuan
C. bentuk
D. makna
A. fungsi
B. tujuan
C. bentuk
D. makna
Jawaban:
B. tujuan
15. Berikut ini yang merupakan pengertian silabus adalah ....
A. proses penyusunan materi pelajaran, penggunaan media pengajaran, penggunaan pendekatan, metode pengajaran, dan penilaian hasil belajar
B. cermin kemampuan peserta didik dalam memenuhi suatu tahapan pencapaian pengalaman belajar dalam suatu kompetensi dasar
C. seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai kompetensi dasar
D. rincian hasil belajar secara spesifik
A. proses penyusunan materi pelajaran, penggunaan media pengajaran, penggunaan pendekatan, metode pengajaran, dan penilaian hasil belajar
B. cermin kemampuan peserta didik dalam memenuhi suatu tahapan pencapaian pengalaman belajar dalam suatu kompetensi dasar
C. seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai kompetensi dasar
D. rincian hasil belajar secara spesifik
Jawaban:
C. seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai kompetensi dasar
16. Hal yang dituntut dalam kurikulum guna memenuhi keseimbangan etika peserta didik adalah....
A. menanamkan cara berpikir kreatif dan inovatif
B. menanamkan nilai-nilai rasa dan karsa
C. menanamkan/melatih kemampuan psikomotor
D. menanamkan nilai-nilai moral dan sosial
Jawaban:
D. menanamkan nilai-nilai moral dan sosial