Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Soal Materi Taksonomi Tumbuhan Rendah + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Taksonomi Tumbuhan Rendah

1. Tuliskan ciri-ciri dari Bakteri!

Jawaban:
Ciri-ciri umum:
a. Tubuh uniseluler (berselsatu)
b. Tidak berklorofil (meskipun ada beberapa jenis bakteri yang memiliki pigmen seperti klorofil sehingga mampu berfotosintesis)
c. Hidupnya bersifat autotrof
d. Reproduksi dengan cara membelah diri (dengan pembelahan Amitosis)
e. Habitat bakteri hidup dimana-mana/kosmopolit (tanah, air, udara, mahluk hidup)
f. Satuan ukuran bakteri adalah mikron (10 – 3 μ)


2. Tuliskan faktor–faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bakteri!

Jawaban:
Faktor–faktor yang mempengaruhi pertumbuhan bakteri
a. Suhu
b. Derajat keasaman pH
c. Konsentrasi garam
d. Sumber nutrisi
e. Zat – zat sisa metabolisme
f. Kelas Ganggang biru / ganggang belah (Chyanophyceae/ Scizophyceae)


3. Uraikan tentang Kelas Ganggang biru / ganggang belah (Chyanophyceae/ Scizophyceae)!

Jawaban:
Ganggang hijau biru termasuk ke dalam monera, karena struktur selnya sama dengan struktur sel bakteri, yaitu bersifat prokariotik. Ganggang hijau biru berukuran mikroskopis, keberadaanya tersebarluas dan banyak ditemukan di perairantanah yang lembab, permukaandindingtembok, pot, batukarang yang lembab. Bahkanditemukan pula di tempat yang kurang menguntungkan lingkungannya. Beberapa jenis dijumpai pada sumber air panas seperti mata air panas Yellow Stone Park di Amerika. Ganggang Biru dikatakan sebagai salah satu vegetasi perintis karenamampuhi dup pada perairan dengan suhu sampai 85 derajat C (sumber air panas ).


4. Tuliskan ciri-ciri dari Ganggang biru!

Jawaban:
Ciri–ciri dan sifat ganggang hijau biru
a. Tumbuhan bersel satu, berbentuk benang (filamen) dan hidup berkoloni
b. Memiliki klorofil, karotenoid serta pigmen fikobilin yang terdiridari fikosianin dan fikoeritin (sering disebut ganggang hijau biru)
c. Dinding sel mengandung peptida, hemiselulosa dan selulosa, kadang- kadangberlendir
d. Inti sel tidak memiliki membran (prokarion)
e. Pada umumnya tidak bergerak (gerakan merayap atau meluncur pada alas yang basah)
f. Tidak mempunyai bulu cambuk (gerakan adanya kontraksi tubuh dan pembentukan lendir)
g. Perkembangbiakan vegetatif (membelah)


5. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Thallophyta!

Jawaban:
Menurut Sinyo dan Somadayo (2013), Thallophyta (tumbuhan talus) adalah tumbuhan yang belum dapat dibedakan akar, batang dan daun sehingga dikatakan dengan tumbuhan talus. Tubuh yang berupa talus itu mempunyai struktur dan bentuk dengan variasi yang sangat besar, dari yang terdiri atas satu sel berbentuk bulat sampai yang terdiri atas banyak sel dengan bentuk yang kadang-kadang telah mirip dengan kormusnya tumbuhan tingkat tinggi. Walaupun alga tidak memiliki organ batang, akar, daun, dan bunga, namun bentuknya berkisar dari tumbuhan yang bersel tunggal (mikroskopik) sampai yang bersel banyak (makroskopik) yang sangat kompleks yang panjangnya mencapai 70 meter.
Struktur anatomi thallus untuk tiap jenis alga makroskopis berbeda-beda. Ada thallus yang memiliki percabangan dan ada pula yang tidak. Percabangan thallus ada yang dichotomus (bercabang dua terus menerus), pectinate (berderet searah pada satu sisi thallus utama), pinnate (bercabang dua-dua pada sepanjang thallus utama secara berselang-seling), dan verticillate (cabangnya berpusat melingkari aksis atau sumbu utama). Sifat substansi thallus juga beraneka ragam, ada yang lunak seperti gelatin (gellatinous),mengandung zat kapur (calcareous), lunak seperti tulang rawan (cartilaginous), dan berserabut (spongious).
Sesuai dengan namanya, semua organisme yang masuk ke dalam divisi Thallophytamemiliki ciri utama, tubuh berbentuk talus. Yang disebut talus ialah tubuh tumbuhan yang belum dapat dibedakan dalam 3 bagian utama yaitu akar, batang dan daun. Perkambangbiakan terjadi secara vegetatif maupun generatif. Pembentukan spora dalam organ-organ dinamakan sporangium. Sedangkan perkembangbiakan seksual terjadi melalui peleburan gamet-gamet yang terbentuk dalam organ-organ yang disebut gametangium.


6. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Phaeophyta (ganggang coklat/ perang)!

Jawaban:
Phaeophyta hidup di pantai, warna coklat karena adanya pigmen fikosantin (coklat), klorofil a, klorofil b dan xantofil. Dinding sel terdiri dari selulosa, pektin danasam algin. Tubuh berbentuk seperti benang atau lembaran yang dapat mencapai puluhan meter. Reproduksi vegetatif dengan fragmentasi, sedangkan generatifdengan isogami dan oogami.


7. Uraikan tentang Rhodophyta (Ganggang Merah)!

Jawaban:
Ganggang merah atau Rhodophyta adalah salah satu kelas dari ganggang berdasarkan zat warna atau pigmentasinya. Warna merah pada ganggang inidisebabkan oleh pigmen fikoeritrin dalam jumlah banyak dibandingkan pigmen klorofil, karoten, dan xantofil. Ganggang ini pada umumnya banyak sel (multiseluler) dan makroskopis, tidak berflagel, memiliki kemampuan menimbun kalsium karbonat di dalam dinding selnya.. Ganggang ini dapat mencapai panjang antara 10 sentimeter sampai 1 meter dan berbentuk benang atau lembaran.


8. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Bryophyta!

Jawaban:
Lumut ( Bryophyta) adalah sebuah divisi tumbuhan yang hidup didarat, yang umumnya berwarna hijau dan berukuran kecil (dapat tidak tampak dengan bantuan lensa), dan ukuran lumut yang terbesar adalah kurang dari 50 cm. Lumut mempunyai sel-sel plastid yang dapat menghasilkan klorofil A dan B, sehingga dapat membuat makanan sendiri dan bersifat autotrof. Lumut termasuk kedalam kingdom plantae, yang mana kingdom plantae meliputi semua organisme yang multiseluler dan telah berdiferensiasi, eukariotik, dan dinding selnya mempunyai selulosa. Organisme yang termasuk kedalam plantae ini hampir seluruhnya bersifat autotrof (membuat makanan sendiri) dengan bantuan cahaya matahari saat proses fotosintesis.
Siklus hidup tumbuhan lumut bersifat metagenesis, karena bergantian antara reproduksi seksual dan aseksual. Awalnya sporofit menghasilkan spora yang akan menjadi protonema, dari protonema inilah gametofit terbentuk. Generasi gametofit ini punya satu sel kromosom yang disebut dengan haploid (n) dan gametofit ini menghasilkan gametangium (organ reproduksi) yang disebut dengan anteredium pada jantan dan arkegonium pada betina. Gametangium dilindungi oleh daun khusus (bract).


9. Uraikan tentang Chrysophyta (Ganggang Keemasan)!

Jawaban:
Ganggang keemasan bersel tunggal atau banyak, memiliki pigmen dominankarotin (pigmen klorofil a, klorofil c, karoten, xantofil dan fikosantin). Hidup secaraautotrof, reproduksi aseksual (membentuk auksospora dan membelah diri) seksual (oogami)