Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Soal Materi Ekologi Tumbuhan + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Ekologi Tumbuhan

1. Apa tujuan adaptasi tumbuhan higrofit?

Jawaban:
Daun yang tipis dan lebar pada tumbuhan higrofit dapat mempermudah dan mempercepat penguapan, karena semakin lebar dan semakin tipis permukaannya, semakin mudah dan cepat air dapat menguap


2. Apa pengaruh air terhadap pertumbuhan tanaman?

Jawaban:
Air berfungsi sebagai bahan baku tanaman dalam proses fotosintesis dan juga dapat menjaga kelembaban tumbuhan agar tidak layu. Air diserap oleh akar tumbuhan dan dikirimkan ke daun, tempat melakukan fotosintesis


3. Apa yang mempengaruhi suatu tanaman dapat tumbuh dengan baik di daerah tertentu?

Jawaban:
Tanaman akan tumbuh dan berkembang dengan optimal bila kondisi tanah tempat hidupnya sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan unsur hara. Kondisi tanah ditentukan oleh faktor lingkungan lain, misalnya suhu, kandungan mineral, air, dan derajat keasaman atau pH.


4. Mengapa semua tumbuhan dipengaruhi oleh gen?

Jawaban:
Gen mengatur ciri tumbuhan seperti bentuk daun, warna bunga dan juga jenis buah. Gen berperan penting dalam sel, yaitu sebagai pengatur pola sintesis protein. Protein yang dibentuk merupakan dasar penyusun tubuh tumbuhan, sebagai bahan dasar pembuatan enzim dan hormon yang langsung mengatur metabolisme.


5. Bagaimana adaptasi tumbuhan yang berada di lingkungan kering dan panas?

Jawaban:
Tumbuhan yang dapat beradaptasi terhadap lingkungan hidupnya yang panas dan kering disebut sebagai tumbuhan xerofit. Uniknya, tumbuhan ini sangat tahan dengan udara yang kering dan kurang air. Adapun ciri-ciri tumbuhan xerofi, antara lain: Permukaannya dilapisi lapisan lilin.


6. Jelaskan kapan tumbuhan itu mulai mengalami pertumbuhan?

Jawaban:
Tumbuhan dikatakan mengalami pertumbuhan apabila tinggi batang bertambah dan jumlah dauan juga bertambah.