Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Soal Materi Past Future Perfect Continuous Tense + Kunci Jawaban

Soal (Uraian) Past Future Perfect Continuous Tense

1. Hal yang penting untuk diketahui mengenai terbentuknya rumus tense?

Jawaban:
Berikut ini terdapat beberapa hal yang penting untuk diketahui mengenai terbentuknya rumus tense tersebut:
a. Tense yang pertama kali digunakan yaitu past tense.
b. Sedangkan untuk tense yang digunakan kedua ini merupakan bentuk dari kalimat past tense. Maka, anda harus mengubah “will: menjadi “would” serta “shall” menjadi “should”.
c. Tense ketiga yang digunakan yaitu perfect tense. Hal ini ditandai dengan adanya kata”have”.
d. Sedangkan tense terakhir yang digunakan adalah continuous tense. Dengan begitu, “to be” yang digunakan diikuti dengan Verb-ing.


2. Tuliskan rumus kalimat positif past future perfect continuous dan berikan contohnya!

Jawaban:
Subject (I/you/she/he/it/they/we) + would + have + been + present participle (Verb-ing)
Contoh kalimat:
1. She should have been writing a letter but the paper was lost. (Dia seharusnya menulis surat, tetapi kertasnya hilang).
2. The lion would have been catching the prey. However, the reality is not. (Seharusnya singa itu menangkap mangsanya. Namun kenyataannya tidak demikian).
3. We would have been gone an hour ago and now if it too late. (Kami seharusnya pergi satu jam yang lalu, dan sekarang sudah terlambat).
4. Agung should have been better men. But he is not a good man. (Agung seharusnya menjadi pria yang baik. Tetapi dia bukan pria yang baik).
5. They would have been reading the new book if it is still on the rack. (Mereka seharusnya membaca buku baru itu jika masih ada di rak).


3. Terangkan syarat penggunaan past future perfect continuous tense tentang Auxiliary Verb!

Jawaban:
Untuk menggunakan tense ini, maka anda harus membutuhkan yang namanya auxiliary verb. Auxiliary verb ini digunakan sebagai penanda waktu sekaligus awalan di dalam menulis verb. Auxiliary verb yang digunakan di dalam tense ini diantaranya adalah would, been, have, serta Verb-ing.